Ketum PDSI Ceritakan Pertemuan dengan Menkumham Yasonna, Singgung DSA Terawan

ADVERTISEMENT

Ketum PDSI Ceritakan Pertemuan dengan Menkumham Yasonna, Singgung DSA Terawan

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 06 Jul 2022 15:00 WIB
Deklarasi PDSI
Ketum PDSI ceritakan pertemuan dengan Menkumham Yasonna, singgung DSA Terawan. Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth
Jakarta -

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly baru-baru ini bertemu pengurus Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI). Dalam postingan instagram Menkumham Yasonna, pertemuan tersebut membahas kemungkinan revisi UU Praktik Kedokteran, legalisasi inovasi anak bangsa di bidang medis, juga terkait adaptasi dokter lulusan luar negeri.

Ketua umum PDSI, dr Jajang Edi Prayitno menceritakan bahwa pertemuan dengan Menkumham Yasonna sekaligus menegaskan bahwa PDSI merupakan organisasi resmi yang diakui oleh pemerintah.

"Kita kan kemarin ada audiensi dengan pak Yasonna Menkumham, mengucapkan terima kasih tentang Menkumham sehingga memberikan izin pada PDSI untuk secara resmi menjadi organisasi masyarakat yang diakui pemerintah," ujarnya dihubungi detikcom, Rabu (6/7/2022).

Seperti diketahui, PDSI sebelumnya meminta adanya perubahan UU Praktik Kedokteran, khususnya terkait penegasan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjadi satu-satunya organisasi profesi dokter di Indonesia. Menurut dr Jajang, dalam pertemuan tersebut Menkumham Yasonna mendukung adanya UU Praktik Kedokteran.

"Kita berdiskusi tentang organisasi profesi tunggal yang diklaim oleh IDI , nah ini kan perlu adanya revisi UU Praktik Kedokteran. Pak Yasonna sangat menyetujui pada dasarnya revisi itu," sambung dr Jajang.

Menurut cerita dr Jajang, pertemuan tersebut juga membahas soal inovasi-inovasi anak bangsa di bidang medis. Salah satunya, soal metode DSA atau Digital Subtraction Angiography yang dikembangkan oleh dokter Terawan Agus Putranto.

"Beliau (Menkumham Yasonna) sangat mendukung adanya inovasi-inovasi baru di bidang medis. Ya inovasi medis contoh soal DSA pak Terawan, itu inovasi baru, pak Yasonna sangat mendukung jangan dimatikan," bebernya.

"Nah, PDSI mewadahi itu kita kan harus mengejar ketertinggalan kita di bidang medis," sambungnya.

dr Jajang menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait pembahasan lebih lanjut soal UU Praktik Kedokteran.



Simak Video "Inisiatif PDSI Tawarkan "Rumah Baru" Untuk Terawan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT