ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 12:30 WIB

Sulit Ingat Wajah Orang, Brad Pitt Duga Alami Kondisi Prosopagnosia

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
LOS ANGELES, CALIFORNIA - APRIL 25: Brad Pitt poses in the press room at the Oscars on Sunday, April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles.   Chris Pizzello-Pool/Getty Images/AFP (Photo by POOL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP) Sulit ingat wajah orang, Brad Pitt duga alami kondisi prosopagnosia. Foto: Getty Images via AFP/POOL
Jakarta -

Dalam sebuah wawancara, aktor Hollywood Brad Pitt menyatakan ketidakmampuannya dalam mengingat wajah seseorang adalah suatu kondisi yang disebut prosopagnosia atau kebutaan wajah.

"Tidak ada yang percaya padaku," ucapnya pada majalah GQ, dikutip dari New York Post, Kamis (7/7/2022).

Meskipun tidak secara resmi didiagnosis dengan kondisi tersebut, dia memiliki kecurigaan pada kondisinya sejak 2013. Orang-orang berpikir bahwa dirinya sombong dan egois karena tidak mengingat wajah mereka.

"Begitu banyak orang yang membenciku, karena mereka pikir aku tidak menghormati mereka karena sulit mengenali wajahnya," ujarnya.

Apa itu Prosopagnosia?

Prosopagnosia adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi persepsi pada wajah atau kemampuan untuk mengenali wajah yang dikenal.

Menurut National Health Service (NHS) UK, ada dua tipe prosopagnosia yaitu, acquired prosopagnosia dan developmental prosopagnosia.

Acquired prosopagnosia terjadi setelah mendapatkan cedera otak seperti stroke atau cedera kepala lainnya.

Developmental prosopagnosia terjadi tanpa kerusakan otak.

"Mungkin memiliki komponen genetik dan diturunkan dalam keluarga," menurut NHS.

Penyebab Prosopagnosia?

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, prosopagnosia atau kebutaan wajah diduga disebabkan oleh kelainan, gangguan, atau kerusakan, di area fusiform gyrus otak. Area ini berperan penting dalam pengenalan objek dan wajah.

Prosopagnosia tidak disebabkan oleh kehilangan memori, kebutaan, atau ketidakmampuan belajar, meskipun dapat lebih sering terjadi pada mereka dengan autisme dibandingkan dengan populasi umum.



Simak Video "Virus Corona Mengisolasi China, MUI Kaji Fatwa Haram Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT