Lucinta Luna Operasi Jakun demi Hilangkan Khodam, Adakah Efek Sampingnya?

ADVERTISEMENT

Lucinta Luna Operasi Jakun demi Hilangkan Khodam, Adakah Efek Sampingnya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 08 Jul 2022 10:00 WIB
Kocaknya Lucinta Luna yang Ngaku ‘Muhammad Fatah’ Saat Cuci Piring hingga Masak
(Foto: Instagram Lucinta Luna)
Jakarta -

Lucinta Luna baru saja menjalani operasi di lehernya demi memaksimalkan penampilannya. Dikabarkan ia menjalani operasi bedah di Korea Selatan.

Meski begitu, Lucinta Luna tak menjelaskan lebih lanjut terkait prosedur apa saja yang dijalani. Dugaan terkuatnya, ia baru saja operasi jakun, bedah kosmetik untuk menyamarkan suara berat.

"Yang pada nanya Ratu habis operasi apa? Pemotongan leher pembuangan khodam dan operasi bedah wujud," tulis Lucinta Luna di akun Instagramnya.

Apa Itu Operasi Jakun?

Dikutip dari American Society of Plastic Surgeons, jakun atau disebut Adam's Apple berkembang selama masa pubertas, mulai dari peningkatan ukuran laring dan tulang rawan tiroid. Adapun jakun umumnya lebih menonjol pada pria daripada wanita.

Istilah medis untuk prosedur menghilangkan jakun adalah chondrolaryngoplasty atau kadang disebut "mencukur trakea". Operasi bedah ini sangat mahal dan bukan tanpa risiko.

Prosedur ini dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan laring, yang terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan. Penonjolan laring lebih sering disebut sebagai jakun.

Selama operasi trakea, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring. Peran tulang rawan tiroid adalah untuk melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan.

Efek Samping Operasi Jakun

Apabila operasi yang dilakukan terlalu agresif, risiko laring dan pita suara seseorang kemungkinan bisa terpengaruh sehingga menyebabkan perubahan suara secara permanen. Selain itu, ada juga beberapa efek samping yang kemungkinan bisa muncul setelah operasi pengangkatan jakun. Dikutip dari Healthline, berikut informasinya.

  • Pembengkakan di leher
  • Sakit tenggorokan
  • Suara melemah
  • Kesulitan menelan


Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT