ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Jul 2022 18:00 WIB

Kaget! Dikira Alami Masalah Buang Air Kecil, Pria Ini Ternyata Alami Menstruasi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
A sign on a wall for All Gender Restroom with symbols for men, trans and women. LGBT issue. Kaget! dikira alami masalah buang air kecil, pria ini ternyata alami menstruasi. Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pria asal China bernama Chen Li (33) mengeluh mengalami sakit perut setiap bulan dan memiliki masalah saat kencing karena selalu mengeluarkan darah selama lebih dari 20 tahun hidupnya. Hasil pemeriksaan dokter membuatnya terkejut sebab ternyata ia telah mengalami menstruasi selama 20 tahun terakhir.

Seperti dikutip dari Dailymail UK, Jumat (8/7/2022), dokter memberitahu bahwa ia dilahirkan dengan kromosom seks perempuan serta memiliki ovarium dan rahim, meskipun ia memiliki organ kelamin laki-laki. Selama ini Chen, tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kondisi yang disebut interseks.

Interseks merupakan istilah untuk mendeskripsikan kondisi seseorang yang terlahir dengan dua jenis kelamin berbeda. Dalam kasus Chen, dirinya terlahir sebagai laki-laki di luar, tetapi memiliki anatomi perempuan di dalam. Bisa juga seseorang yang mungkin dilahirkan dengan genetika mosaik, sehingga beberapa selnya memiliki kromosom XX dan beberapa di antaranya memiliki XY.

Chen, yang merasa ngeri mengetahui bahwa dia interseks setelah 33 tahun hidup sebagai seorang pria, meminta rahim dan ovariumnya diangkat melalui operasi.

Chen menjalani operasi tiga jam pada Juni lalu untuk mengangkat ovarium dan rahimnya.

Ahli bedahnya, Luo Xiping, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa Chen, dengan cepat merasa tenang dan kepercayaan dirinya pulih.

"Dari titik itu, dia bisa menjalani hidupnya sebagai seorang pria, tapi dia tidak bisa bereproduksi karena testisnya tidak bisa menghasilkan sperma," ungkapnya.



Simak Video "Wanita Menstruasi Aman dari Gagal Jantung, Benarkah? "
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT