ADVERTISEMENT

Senin, 11 Jul 2022 09:58 WIB

Wanita Mengeluh Dada Sesak, Mengira Bra Kekecilan Ternyata...

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami nyeri di bagian dadanya Foto: Thinkstock
Jakarta -

Memakai bra yang kekecilan memang membuat wanita bisa merasa sesak. Tapi bagaimana jika dada sesak yang kamu alami itu adalah tanda serangan jantung?

Seperti yang diceritakan oleh atlet triatlon asal Auckland, Selandia Baru, ini. Saat itu ia merasa tak nyaman di area dadanya dan sempat memutuskan untuk pergi ke rumah sakit. Namun akhirnya dia tidak melakukannya karena berpikir hal tersebut tak serius.

Dilaporkan NYPost, Anna Cupples yang saat itu berusia 35 tahun pun mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Ketika ia melakukan EKG, dokter terkejut ternyata selama ini yang dialami oleh Cupples adalah tanda serangan jantung.

"Saya adalah seorang atlet triathlon Ironman, saya merasa tak terkalahkan. Saya tidak benar-benar percaya saya bisa mengalami serangan jantung," bebernya.

Ahli jantung dr Fiona Stewart mengatakan mereka tidak menangani nyeri dada dengan baik untuk wanita karena konsep yang tersebar luas bahwa serangan jantung kebanyakan terjadi pada pria.

"Penting untuk mengetahui bahwa orang dengan 'risiko penyakit kardiovaskular rendah' masih dapat mengalami serangan jantung, hanya lebih jarang," ungkapnya.

Dua tahun kemudian, Cupples menderita serangan jantung kedua yang dicurigai dan harus dirawat di rumah sakit beberapa kali. Namun, enam tahun setelah serangan jantung pertama, ibu satu anak ini mengatakan bahwa dia telah pulih sepenuhnya dan tidak mengkhawatirkan kesehatannya.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT