ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 08:05 WIB

Lucinta Luna Jalani Operasi Tulang Ekor, Berapa Lama Bisa Pulih?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lucinta Luna operasi jakun Foto: TikTok @Lucintaluna
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, Lucinta Luna baru selesai menjalani operasi untuk mengangkat 'khodamnya'. Kali ini, ia akan melakukan operasi kedua yakni potong tulang ekor.

"Doakan aku besok ya guys, deg degan. Masih ada 2 step operasi lagi, step kedua potong tulang ekor," tulisnya di akun Instagram Story pribadinya yang dilihat detikcom, Senin (11/7/2022).

Masih belum diketahui operasi tulang ekor apa yang dijalani Lucinta Luna. Namun umumnya operasi tulang ekor biasa disebut dengan coccygectomy. Prosedur ini dianggap langka dan biasanya menjadi pilihan terakhir bagi pasien yang tidak merespon terapi non-bedah.

Dikutip dari Docdoc, pasca operasi, kemungkinan pasien akan mengalami nyeri dan bertahan dalam periode pemulihan yang sangat lama. Tahapan pemulihan ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan hingga satu tahun.

Hal inilah yang membuat banyak ahli bedah khawatir untuk merekomendasikan prosedur ini. Meski begitu, selama ahli bedah yang menangani ini berpengalaman dan pasien dinyatakan sehat, prosedur coccygectomy ini bisa memberikan hasil yang sangat positif.

Apa Itu Coccygectomy?

Coccygectomy adalah prosedur cepat untuk pengangkatan tulang belakang yang bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam. Prosedur ini dilakukan dengan pasien berbaring tengkurap dan dengan punggung bawah dekat anus terbuka, diberikan anastesi umum.

Ahli bedah akan membuat sayatan dengan pisau bedah langsung di kulit tempat tulang ekor berada, melalui jaringan subkutan dan periosteum, atau jaringan ikat yang mengelilingi tulang. Dengan presisi, ahli bedah mulai memotong tulang ekor dari belakang ke depan, memastikan tidak ada jaringan lain yang terlibat. Setelah selesai, sayatan akan dijahit.

Tulang ekor yang diangkat dari prosedur tersebut dapat dikirim ke laboratorium untuk biopsi, yaitu untuk memeriksa keberadaan sel kanker.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT