ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 14:10 WIB

Dokter Jelaskan Beda Flu Biasa vs Alergi, Ada Satu yang Khas Banget!

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
COVID-19 Nyaris Tiga Kali Lebih Mematikan Dibanding Flu Biasa Dokter jelaskan beda flu biasa dan alergi (Foto: DW (News))
Jakarta -

Cuaca ekstrem yang belakangan melanda sebagian besar wilayah Indonesia, membuat kita mudah terserang flu. Bersin dan pilek pun sudah menjadi langganan di kala cuaca tak menentu.

Tapi perlu diketahui, ketika merasakan flu, apakah kondisi tersebut termasuk flu biasa atau justru merupakan suatu alergi.

Menurut dr Riana Nirmala Wijaya, Country Medical Lead and ASEAN Nutritional Medical Bayer, pada dasarnya pilek yang dikarenakan flu biasa dan alergi, gejalanya memang mirip. Sehingga banyak orang sulit membedakan mana flu biasa atau sedang alergi.

"Pilek karena flu dan alergi, sama-sama menyebabkan bersin-bersin, hidung meleran, penyumbatan, susah nafas. Tapi yang paling membedakan itu penyebabnya," kata dr Riana dalam konferensi pers virtual, Selasa (12/7/2022).

Meski menunjukkan gejala yang mirip, menurut dr Riana, pilek karena flu disebabkan oleh viral infection atau penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Pilek karena infeksi flu, disebabkan oleh kondisi musiman seperti musim flu ataupun tertular orang yang terkena flu.

Sementara untuk pilek flu akibat alergi, penyebabnya bisa terjadi sepanjang tahun saat tubuh terpapar oleh alergen atau zat pemicu alergi.

"Kalau flu alergi itu kejadiannya bisa sepanjang tahun. Pokoknya selama kta terpapar alergen, itu pasti kita pasti kena flu alergi), beda dengan flu biasa," ujarnya.

Diantara dua jenis flu tersebut, ternyata ada perbedaan gejala yang paling mencolok. Umumnya, infeksi flu disertai demam, sakit kepala, badan terasa pegal dan meriang.

Jika flu disebabkan oleh alergi, gejala yang ditimbulkan lebih ke arah gatal pada area tubuh tertentu.

"Tapi kalau flu karena alergi itu (gejalanya) lebih kearah gatal, misalkan hidungya gatal dan melernya itu seperti hidung pengen digaruk. Gejala pada mata itu, matanya berair terus gatel dan kucek-kucek bagian mata," pungkasnya.



Simak Video "Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT