Kaum Adam Merapat! Ini Ciri-ciri Penis Patah yang Harus Diketahui

ADVERTISEMENT

Kaum Adam Merapat! Ini Ciri-ciri Penis Patah yang Harus Diketahui

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Selasa, 12 Jul 2022 15:02 WIB
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov
Jakarta -

Fenomena penis patah kembali membuat heboh jagat dunia maya. Kejadian ini dialami oleh seorang pria berusia 44 tahun di Bali dan pria berusia 50 tahun di Surabaya.

Kondisi keduanya merupakan kasus yang langka karena penis patah terjadi saat mereka melakukan hubungan intim. Kondisi ini berbeda dengan patah tulang pada umumnya.

Spesialis uroligi dr Irfan Wahyudi SpU, Kepala Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) menjelaskan bahwa kejadian penis patah atau fraktur penis sangat jarang terjadi. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut terjadi.

"Kondisinya (patah penis) disebut sebagai fraktur penis, kejadiannya jarang (1:175.000)," kata dr Irfan kepada detikcom, Selasa (12/7/2022).

Lantas, bagaimana mengetahui jika seseorang mengalami penis patah?

Menurut dr Irfan, kondisi penis patah dapat dikenali lewat beberapa tanda dan gejala. Berikut ciri-ciri penis patah:

  • Terdengar suara patahan (cracking), diikuti oleh rasa nyeri
  • Hilangnya ereksi
  • Hematoma (terbentuknya bekuan darah) di bawah kulit penis
  • Membentuk deformitas atau perubahan bentuk pada bagian penis serupa terong

Jika mengalami tanda-tanda tersebut, dr Irfan menghimbau agar para pria segera melakukan konsultasi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan khusus.

"Segera datang ke rumah sakit untuk ditangani karena membutuhkan tindakan operasi untuk eksplorasi dan menjahit robekan selaput jaringan ereksi penis yang terjadi, Bila tidak segera ditangani akan timbulnya jaringan parut, penis menjadi bengkok hingga disfungsi ereksi," ujarnya.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT