ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 13:03 WIB

Jeje Pernah Alami Pelecehan Seksual, Ahli Jiwa Singgung Dampaknya pada Korban

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jeje TikTok Jeje TikTok. (Foto: Instagram/@911jelicascalling)
Jakarta -

Jeje, salah satu remaja viral karena Citayam Fashion Week ternyata punya masa lalu yang kelam. Jeje menceritakan ia pernah mengalami pelecehan seksual.

"Bisa dibilang, dulu aku punya mental issue di rumah. Kedua itu karena aku dulu sempet bermasalah sama orang rumahku, yang bisa dibilang bukan keluarga. Jadi dia itu, bahasa kasarnya, tukang kebun lah," kata Jeje dalam wawancaranya bersama Atta Halilintar.

"Aku sempat di-[sensor]. Itu kayaknya aku keep setahun dari 2021," lanjut Jeje.

Sayangnya ketika menceritakan kejadian tersebut kepada keluarganya, mereka justru menyudutkan Jeje. Hal itulah yang membuatnya kabur dari rumah meski saat itu tak punya tujuan pasti.

Tidak sedikit korban pelecehan seksual yang mendapat perlakuan diskriminatif dari orang sekitar. Padahal, korba pelecehan seksual bisa mengalami depresi dan trauma seumur hidupnya.

"Gejala kecemasan hingga depresi seperti adanya rasa tidak berdaya yang demikian hebat, sehingga dia berpikir bahwa saya tidak lagi pantas untuk hidup itu juga mungkin," kata spesialis kejiwaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Gina Anindyajati, SpKJ, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Korban pelecehan seksual juga tak jarang menyalahkan diri mereka sendiri dan berujung pada depresi. Selain itu mereka juga rentan mengalami gangguan kecemasan yang menyebabkan dirinya selalu dalam bahaya sehingga mengganggu aktivitas hariannya.



Simak Video "Ini Kata Psikolog Forensik Soal Dugaan Kasus 'Colak-colek' Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT