ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 16:30 WIB

Dear Jeje! Menelan 10 Obat Itu Bahaya, Begini Cara Sehat Biar Bisa Tidur

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jeje TikTok Jeje TikTok. Foto: Instagram/@jejelinces
Jakarta -

Jeje 'slebew', gadis yang belakangan viral karena kontennya di Citayam Fashion Week ini menceritakan masa lalunya yang pernah alami kondisi sulit tidur. Kondisi ini ia akui diakibatkan banyak beban pikiran dan masalah yang dialaminya.

Jeje menceritakan, akibat sulit tidur ia bahkan nekat menelan obat pusing 10 tablet sekaligus agar dirinya cepat tertidur. Hal ini ia kemukakan saat bercerita di channel Youtube Ria Ricis.

"Jadi dulu juga ngalamin di mana masa fase-fase sampe harus saking nggak bisa tidurnya sampai harus neken obat, itu bukan narkoba ya kak, bukan obat tidur, kayak panadol, antimo, komix gitu. Itu kalo panadol kan ada 10 renceng ya, itu aku minum 10," ujar Jeje kepada Ria Ricis di video yang tayang di Youtube, dilihat detikcom, Rabu (13/7/2022).

"Itu minum 10, digerus antimo lagi tiga (supaya tidur)," sambungnya.

Menurut pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, rahasia dari tidur berkualitas adalah dengan memperhatikan kondisi kenyamanan sebelum tidur, mengatur jadwal tidur, dan memperhatikan pola aktivitas siang dan malam.

"Kenyamanan sebelum tidur itu penting bisa nyenyak, pakaian, suhu ruangan, higienitas itu bantu kualitas. Tentukan jadwal tidur juga, jangan berubah-ubah polanya karena bisa bikin sulit tidur, jam biologis tubuh juga akan terpengaruh," ungkapnya pada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut dr Andreas, selalu pastikan aktivitas siang untuk fokus bekerja dan gunakan malam hari untuk beristirahat.

"Perhatikan irama siang dan malam, jika siang pastikan aktivitas lalu malamnya tidur, jangan bolak-balik. Jangan juga siangnya tidur malah malamnya main begadang," pungkasnya.

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapat tidur lebih cepat:

  • Menurunkan suhu ruangan
  • Meredupkan lampu
  • Mencari posisi tidur ternyaman
  • Melakukan yoga dan meditasi sebelum tidur
  • Menghindari tidur siang
  • Makan terakhir usahakan 4 jam sebelum tidur
  • Mendengarkan musik relaksasi
  • Memakai Aromaterapi
  • Kurangi kopi dan alkohol


Simak Video "Siapa Saja yang Disarankan untuk Jalani Meditasi?"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT