ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 18:05 WIB

Lucinta Luna Jalani Operasi Tulang Ekor, Untuk Apa Sih?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Lucinta Luna operasi jakun Manfaat operasi tulang ekor untuk apa sih? Dilakukan Lucinta Luna baru-baru ini (Foto: TikTok @Lucintaluna)
Jakarta -

Keputusan selebgram Lucinta Luna untuk melakukan operasi tulang ekor membuat heboh media sosial. Masyarakat dibuat kaget karena sebagian dari mereka tidak begitu familiar dengan tindakan tersebut. Lucinta diketahui melakukan operasi tersebut di salah satu klinik di Busan, Korea Selatan.

"Doakan aku besok ya guys, deg degan. Masih ada 2 step operasi lagi, step kedua potong tulang ekor," tulis Lucinta Luna di akun Instagram Story pribadinya yang dilihat detikcom, Senin (11/7/2022).

Meskipun demikian, masih belum diketahui operasi tulang ekor apa yang dijalani Lucina Luna. Berbicara operasi tulang ekor, sebenarnya manfaatnya apa sih? Simak informasi berikut.

Manfaat Operasi Tulang Ekor untuk Apa?

Operasi tulang ekor atau istilah medisnya coccygectomy merupakan prosedur cepat untuk pengangkatan tulang belakang yang biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Prosedur ini dilakukan dengan pasien berbaring tengkurap dan dengan punggung bawah dekat anus terbuka, serta diberikan anastesi umum.

Kemudian ahli bedah akan membuat sayatan dengan pisau bedah langsung di kulit tempat tulang ekor berada, melalui jaringan subkutan dan periosteum, atau jaringan ikat yang mengelilingi tulang. Dengan presisi, ahli bedah mulai memotong tulang ekor dari belakang ke depan, memastikan tidak ada jaringan lain yang terlibat. Setelah selesai, sayatan akan dijahit.

Adapun pasca operasi ini, pasien kemungkinan akan mengalami nyeri dan bertahan dalam periode pemulihan yang sangat lama. Tahapan pemulihan ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan hingga satu tahun.

Dikutip dari Medicinenet, manfaat operasi tulang ekor ini dilakukan saat seseorang mengalami rasa sakit yang membandel di tulang ekor akibat sejumlah faktor, seperti:

  • Cedera
  • Cacar lahir
  • Tumor
  • Degeneratif (kerusakan progresif pada tulang ekor lantaran penuaan atau penyakit)
  • Psikosomatik (penyakit yang disebabkan atau diperburuk oleh faktor mental seperti stres)
  • Cedera lumbosakral (cedera di bagian bawah punggung)
  • Tumor di tulang pinggul
  • Stenosis tulang belakang lumbal bawah (penyempitan abnormal dari saluran yang dilalui sumsum tulang belakang)
  • Nyeri dari sendi sacrococcygeal (sendi antara tulang ekor dan sakrum, yang merupakan tulang segitiga di punggung bawah yang terletak di antara dua tulang pinggul)


Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT