ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 14:38 WIB

Sah! Malaysia Larang Rokok dan Vape untuk Kelahiran 2005 ke Atas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Rokok Foto ilustrasi: (iStock)
Jakarta -

Malaysia menjadi negara pertama di dunia yang membuat larangan merokok dan vaping untuk orang yang lahir setelah tahun 2005. Larangan ini tercantum dalam RUU Pengendalian Tembakau dan Merokok yang disetujui kabinet pada 13 Juli 2022.

"RUU tembakau telah disetujui oleh kabinet kemarin. Kami akan mengajukannya ke Parlemen untuk sesi ini," kata Menteri Kesehatan Malaysia Khairy seperti yang dikutip dari New Straits Times, Kamis (14/7/2022).

Dalam undang-undang pengendalian tersebut, berisi ketentuan untuk melarang penjualan rokok, tembakau, dan produk vape kepada siapa pun yang lahir setelah tahun 2005.

Ini juga mengatur para pedagang dan penjual rokok agar tidak menjual produk rokok pada kelompok orang yang tercangkup dalam undang-undang tersebut.

Khairy mengatakan larangan merokok untuk generasi yang lahir setelah tahun 2005 ini diusulkan sebagai langkah lanjut untuk mengurangi kasus kanker. Selain itu, untuk meningkatkan akses pengobatan kanker di negara itu.

"Malaysia akan menjadi negara pertama di dunia yang memberlakukan undang-undang endgame generasi tembakau," beber Khairy.

Jika undang-undang ini tidak diberlakukan, lanjut Khairy, masalah ini bisa merugikan negara hingga RM 8 miliar atau sekitar 27 triliun rupiah untuk mengobati penyakit yang disebabkan rokok. Misalnya seperti kanker paru-paru, masalah jantung, hingga penyakit paru obstruktif kronis pada tahun 2030 mendatang.



Simak Video "Kemenkes Ungkap Uang Belanja Rokok Lebih Tinggi Daripada Makanan Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT