ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Jul 2022 19:30 WIB

Bumil Lagi Ngidam Mi Instan? Tenang, Ini 5 Cara Aman Menyantapnya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi mi instan Ilustrasi mi instan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Aroma mi instan memang menggoda bagi kebanyakan orang, termasuk ibu hamil. Beberapa orang berpendapat bahwa ibu hamil tidak masalah mengonsumsi mi instan asal tidak berlebihan.

Namun, tidak sedikit yang mengatakan sebaliknya. Lantas, sebaiknya bagaimana? Berikut penjelasan dari dokter.

Mi instan adalah salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori cepat saji. Hal itu dikarenakan seseorang hanya membutuhkan air panas untuk membuatnya. Meskipun mudah membuatnya, ternyata mi instan merupakan makanan yang kurang bergizi.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekolog, Dr Deepti Gupta, mengatakan bahwa mi instan bukanlah makanan yang memiliki gizi seimbang. Mi instan merupakan makanan yang mengandung pati, banyak garam, penyedap buatan, serta lemak jenuh.

"Ada zat aditif yang disebut dengan monosodium glutamat (MSG) yang terkandung dalam mi instan. Mi instan juga menggunakan pengawet sehingga masa simpannya lama," tuturnya.

"Diet tinggi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan Anda," sambungnya.

Dr Gupta juga mengatakan bahwa mi instan juga makanan yang minim nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan serat. Jika ingin menyantap mi instan, ia menyarankan untuk menambahkan bahan makanan yang kaya akan nutrisi lainnya.

Apabila ibu hamil tetap ingin mengonsumsi mi instan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan, seperti:

1. Mengurangi Bumbunya

Tips yang pertama yang bisa dilakukan jika ibu hamil ingin mengonsumsi mi instan adalah dengan mengurangi bumbunya. Ibu hamil bisa menggunakan bumbu mi instan hanya setengahnya saja atau kurang dari setengahnya.

Jika memungkinkan, lebih baik untuk tidak menggunakan bumbunya. Namun, bisa menggunakan bumbu hasil racikan sendiri.

2. Menambahkan Rasa

Umumnya mi instan direbus menggunakan air biasa. Namun, ibu hamil bisa menggunakan air rebusan kaldu ketika akan merebus mi instan.

Tak hanya itu, ibu hamil juga dapat menambahkan beberapa bumbu tambahan ke dalam rebusan kaldu tersebut. Bumbu yang ditambahkan akan menambahkan cita rasa pada mi instan.

3. Menambahkan Bahan Bernutrisi

Tips selanjutnya adalah ibu hamil bisa menambahkan bahan-bahan yang kaya akan nutrisi ke dalam mi instan. Hal itu dilakukan agar ibu hamil tetap mendapatakan manfaat ketika menyantap mi instan.

Bahan makanan tersebut misalnya sayuran, seperti buncis, bayam, wortel, atau sayuran lainnya. Tak hanya itu, ibu hamil juga dapat menambahkan telur rebus atau ayam sebagai proteinnya.

4. Memilih Mi Gandum

Tak hanya itu, pemilihan bahan dasar mi juga penting bagi ibu hamil. Pilihlah mi yang berbahan dasar gandung dan bukan tepung.

Umumnya orang-orang kurang menyukai rasa mi instan yang berbahan dasar gandung utuh. Namun, hal itu akan terbiasa seiring berjalannya waktu.

5. Membuat Rencana

Ibu hamil dapat membuat rencana dengan membeli beberapa cemilan sehat yang bisa dikonsumsi ketika rasa lapar menyerang. Hal itu dilakukan agar ibu hamil tidak selalu menyantap mi instan ketika rasa lapar menyerang dan tidak sempat membuat makanan.

Lantas, sebenarnya kandungan apa saja dalam mi instan yang tidak baik untuk ibu hamil? Baca halaman berikutnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT