Operasi Plastik Berkali-kali Seperti Lucinta Luna, Bakal Seperti Apa Efeknya?

ADVERTISEMENT

Operasi Plastik Berkali-kali Seperti Lucinta Luna, Bakal Seperti Apa Efeknya?

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Sabtu, 16 Jul 2022 13:47 WIB
Lucinta Luna
Foto: Tangkapan layar TikTok @lucintaluna
Jakarta -

Beberapa waktu lalu nama Lucinta Luna sempat viral, hal itu dikarenakan ia melakukan beberapa tindakan operasi plastik dalam waktu yang terbilang singkat. Hal itu sontak menjadi tanda tanya publik, apakah boleh jika operasi plastik dilakukan beberapa kali dalam waktu singkat?

Dokter bedah plastik Prof David Perdanakusuma menjelaskan bahwa tindakan operasi plastik bisa dilakukan beberapa kali dalam waktu singkat. Asal dilakukan pada bagian yang berbeda-beda.

"Sangat mungkin untuk seseorang melakukan operasi plastik beberapa kali dalam waktu yang singkat, asal pada bagian yang berbeda," ucap Prof David pada sesi e-life, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan bahwa ketika seorang pasien ingin mengubah tampilannya pada beberapa bagian tubuh. Pasien dapat melakukan operasi plastik dengan jeda waktu yang singkat.

"Misalnya hari ini pasien melakukan operasi plastik di bagian mata, terus 2 hari kemudian operasi lagi tapi di bagian hidung, itu boleh," tuturnya.

"Bahkan mungkin saja kalo pasien melakukan operasi plastik pada dua bagian berbeda, tapi dilakukan di hari yang sama. Asal dokternya menyanggupi itu bisa dilakukan," sambungnya.

Namun, operasi plastik pada bagian yang sama tidak boleh dilakukan dalam rentang waktu yang berdekatan. Hal itu dikhawatirkan akan membuat jaringan pada bagian tersebut menjadi rusak.

"Nggak boleh itu kalo di bagian yang sama berulang kali. Sekarang operasi hidung, biasanya kalo mau operasi lagi harus nunggu sekitar 6 bulan, hanya jarang kejadian seperti itu," ungkap Prof David.

"Atau misalnya operasi sedot lemak, kan maksimal itu hanya bisa 6 persen dari total berat badan. Ini pengennya lebih, nah itu nggak boleh," pungkasnya.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT