ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 06:00 WIB

30 Persen Pria Idap Varikokel, Tak Bergejala Tapi Bikin Infertil

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
tren celupkan testis ke dalam kecap asin dan jus jeruk 30 Persen pria idap varikokel (Foto: istock)
Jakarta -

Varikokel adalah kondisi di mana pembuluh darah vena pada skrotum (kantung kemaluan) mengalami pembengkakan, hal itu dapat menyebabkan kualitas sperma menjadi menurun. Varikokel bahkan disebut sebagai salah satu penyebab paling sering terkait masalah kesuburan pria.

Dokter spesialis urologi, dr Widi Atmoko, SpU(K) menjelaskan bahwa sekitar 25-30 persen pria di dunia mengalami varikokel. Hal itu tentu menjadi suatu sinyal waspada bagi pria, baik yang sudah ataupun belum menikah.

"Memang varikokel menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan pria. Sekitar 25-30 persen pria secara umum mengidap varikokel," ujar dr Widi saat sesi live Instagram di akun resmi RSCM Kencana, @rscm.kencana, Jumat (15/7/2022).

dr Widi juga menjelaskan bahwa umumnya pria yang mengalami varikokel tidak merasakan gejala apapun. Pasien akan sadar mengalami varikokel ketika ia mengecek kesuburannya.

"Mayoritas pria yang mengalami varikokel itu justru tidak mengalami keluhan apapun atau asimtomatik. Ia biasanya tahu mengalami varikokel ketika mengecek kesuburannya ke dokter karena sudah lama menikah tidak memiliki keturunan," tuturnya.

Ketika varikokel sudah mencapai grade yang tinggi, pasien biasanya baru akan merasakan gejala, salah satunya adalah nyeri atau rasa tidak nyaman pada skrotum.

"Ketika grade varikokelnya sudah tinggi itu biasanya pasien akan merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman pada skrotumnya," ucap dr Widi.

"Atau bisa juga pasien merasa ada kaya semacam gerinjel-gerinjel di bagian skrotum, itu adalah pembuluh darah yang melebar," pungkasnya.



Simak Video "Sebastien Haller Idap Tumor Testis, Kenali Gejala-Faktor Risikonya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT