ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 06:51 WIB

Ngeri, Cacar Monyet Sudah Tembus 12 Ribu Kasus di Dunia!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Cacar Monyet Ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/Md Saiful Islam Khan)
Jakarta -

Kasus cacar monyet atau monkeypox belakangan ini 'ngegas' di sejumlah negara. Berdasarkan data terbaru yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), setidaknya ada 1.469 kasus probable atau dikonfirmasi di Amerika Serikat pada hari Jumat (15/7/2022), dan 12.556 kasus yang dikonfirmasi di 68 negara.

"Ini adalah sesuatu yang harus kita perhatikan dengan serius. Kita belum tahu ruang lingkup dan potensinya, tetapi kita harus bertindak seolah-olah itu akan memiliki kemampuan untuk menyebar jauh lebih luas daripada yang menyebar sekarang," kata Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Dr Anthony Fauci kepada CNN, dikutip Senin (18/7/2022).

Sebagai informasi, cacar monyet adalah penyakit virus zoonosis yang bisa menular ke hewan dan manusia. Virus monkeypox ini termasuk dalam keluarga dan genus yang sama dengan virus yang menyebabkan cacar.

Kebanyakan pasien umumnya akan mengalami ruam cacar monyet, seperti benjolan kecil hingga berubah jadi lesi besar berisi nanah di sekitar wajah, rongga mulut, serta berkembang ke telapak tangan dan telapak kaki.



Simak Video "Fakta-fakta Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT