ADVERTISEMENT

Minggu, 24 Jul 2022 04:56 WIB

WHO Tetapkan Kedaruratan Global untuk Cacar Monyet, Ini Fakta-fakta Pentingnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cacar Monyet Cacar monyet ditetapkan sebagai PHEIC atau kedaruratan global kesehatan masyarakat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Md Saiful Islam Khan)
Jakarta -

Organisasi kesehatan dunia WHO menetapkan monkeypox atau cacar monyet sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian dunia. Status serupa juga ditetapkan untuk COVID-19 pada Januari 2020 sebelum akhirnya berubah menjadi pandemi.

PHEIC merupakan level kewaspadaan paling tinggi di bidang kesehatan, yang artinya dipandang memiliki ancaman signifikan bagi kesehatan global dan membutuhkan koordinasi respons internasional. Panduan terkait pencegahan dan penanganan akan dikeluarkan oleh WHO.

Dikutip dari CNBC, WHO sempat menolak penetapan kedaruratan global untuk cacar monyet dalam sidang terakhir bulan lalu. Namun seiring makin meningkatnya infeksi dalam beberapa pekan, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memutuskan cacar monyet naik level menjadi kedaruratan global atau PHEIC.

Jumlah kasus

Saat ini lebih dari 16 ribu kasus cacar monyet telah dilaporkan di lebih dari 70 negara. Jumlah konfirmasi kasus meningkat 77 persen dari akhir Juni hingga awal Juli.

Sebanyak 5 kematian dilaporkan di Afrika tahun ini, sedangkan di luar Afrika belum ada kematian yang dilaporkan. Sebagian besar kasus cacar monyet sembuh dalam 2-4 pekan menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

PHEIC terakhir sebelum cacar monyet adalah COVID-19

WHO terakhir kali menetapkan kedarurata global PHEIC ketika persebaran COVID-19 mulai meluas, tepatnya pada Januari 2020. Belakangan, COVID-19 naik level menjadi pandemi. Apakah cacar monyet juga akan bernasib serupa?

Berbeda dengan COVID-19, cacar monyet bisa dipastikan bukan merupakan penyakit baru. Penyakit ini sudah ditemukan sejak 1958 pada monyet di Denmark, dan kasus pertama pada manusia dikonfirmasi pada 1970 di Zaire atau kini Republik Demokratik Congo.

Virus cacar monyet juga masih berkerabat dengan smallpox atau cacar, yang gejalanya lebih ringan. Dunia dinilai sudah punya pengalaman puluhan tahun menghadapi cacar yang dinyatakan telah tereradikasi pada 1980. Pengalaman sukses mengeradikasi cacar diyakini memberi pengetahuan penting untuk melawan cacar monyet.

NEXT: Bukan penyakit gay! Cek juga gejala dan faktor risiko cacar monyet di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menkes: Monkeypox Menular Jika Sudah Ada Gejala"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT