ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 10:27 WIB

Please Setop Sebar Foto-Video Kecelakaan Maut Truk Pertamina, Ini Kata Psikolog

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
TKP kecelakaan truk Pertamina di jalan Transyogi, Cibubur (Rizky-detikcom) Foto: TKP kecelakaan truk Pertamina di jalan Transyogi, Cibubur (Rizky-detikcom)
Jakarta -

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, CBD, Bekasi, sebanyak 10 orang dilaporkan tewas dan 5 lainnya luka-luka. Kejadian terjadi saat truk Pertamina disebut rem blong dan menyeruduk sejumlah kendaraan di lampu merah.

"Masih terlalu dini, petugas masih di TKP. Dugaan sementara rem blong. Tapi, harus dibuktikan lebih dahulu supaya objektif," jelas Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyanbudi pada Senin (18/7/2022).

Sejumlah foto dan video kecelakaan maut itu tersebar luas di media sosial. Tak hanya kendaraan yang hancur, foto jenazah yang menjadi korban kecelakaan juga muncul di mana-mana.

Namun, tindakan menyebarkan foto atau video kecelakaan di media sosial sangat tidak dibenarkan. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kecemasan, tak hanya untuk keluarga korban, tetapi pada orang lain yang melihatnya.

"Jadi, sebaiknya tidak menyebarkan foto yang ada gambar korban-korban kecelakaan tersebut. Sebab, foto dengan gambar yang mengenaskan seperti darah menggenang juga bisa saja memberikan trigger kecemasan pada orang yang melihatnya," jelas psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Psikolog Pro Help beberapa waktu lalu.

Selaras dengan itu, psikolog klinis Veronica Adesla dari Personal Growth mengatakan dampak tersebarnya foto dan video kecelakaan itu sangat berdampak pada keluarga korban. Mereka bisa mengalami emosi yang semakin parah, seperti kesedihan, kemarahan, hingga trauma berkepanjangan.

"Keluarga korban sendiri saat ini sedang shock dan sangat bergejolak secara emosional dengan tragedi yang menimpa anggota keluarganya, yang mengakibatkan mereka kehilangan anggota keluarga yang dikasihi," ungkapnya.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT