ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 12:00 WIB

Menkes Prediksi Puncak Gelombang Baru Bisa Lewat dari Akhir Juli

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memperkirakan puncak kasus Omicron baru kemungkinan melewati akhir Juli 2022. Ia menyoroti kepulangan jemaah haji yang kemungkinan bisa memicu peningkatan kasus COVID-19 cukup signifikan.

"Kita lihat dengan pulangnya jemaah haji, kita lihat profil, mungkin agak berubah (dari Juli) karena memang jemaah haji pada berdatangan dan ada beberapa juga yang kena," terang dia saat ditemui di RS Kanker Dharmais, Selasa (19/7/2022).

Menkes belum bisa memperkirakan apakah prediksi kasus harian COVID-19 di masa puncak akan melampaui 20 ribu seiring dengan temuan subvarian Omicron BA.2.57. Hal ini dikarenakan pemerintah masih melihat pola penyebaran subvarian Omicron baru, termasuk kemungkinan penularan serupa seperti BA.4 dan BA.5 yang diyakini memiliki karakteristik transmisi lebih cepat.

"BA.2.75 untuk sementara kita masih keep dulu, karena BA.2.75 yang paling banyak di India ya, kita memang sudah ketemu tiga, 1 orang di Bali dan 2 orang di Jakarta. Tapi sampai sekarang kita belum kelihatan polanya berapa cepat dia naiknya dibandingkan dengan BA.4 dan BA.5," sambung dia.

Namun, data sementara menurutnya menunjukkan BA.4 dan BA.5 masih lebih unggul dalam penularan COVID-19.

Simak Video 'Seputar Omicron 'Centaurus' BA.2.75 yang Sudah Masuk Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]




(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT