ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 16:38 WIB

Viral Kulit Wanita Sukabumi Bisa 'Digambar' Alami, Ternyata Idap Penyakit Ini

Alethea Pricila - detikHealth
Viral kulit wanita di Sukabumi bisa digambar secara alami. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Pengguna Tiktok kembali dibuat penasaran karena postingan akun @nahennastore.id di TikTok yang menunjukkan kondisi kulitnya bisa 'digambar' secara alami.

Kondisi ini ia rasakan ketika cuaca dingin dan jika kulitnya tergores, akan muncul pola yang sesuai dengan bentuk goresan tersebut. Namun, bentuknya tidak permanen, melainkan hilang secara alami 30 menit kemudian.

"Setelah kegores biasanya satu sampai dua menit bakal muncul timbul (bentuk) sesuai goresan terus 30 menit setelah timbul tanpa salep," ucap Nana (20) kepada detikcom, Senin (18/7/2022).

Wanita asal Sukabumi ini juga menjelaskan ia merasakan gatal dan panas ketika pola goresan akan timbul.

Hingga saat ini, ia tidak tahu penyebab pasti dari kondisi yang dialaminya. Namun, ia mengatakan bahwa kondisi ini akan muncul setiap merasakan udara dingin.

"Aku juga kurang tau penyebab pastinya apa, cuma setiap cuaca dingin pasti kulit aku gini lagi," jelasnya.

Lantas, kondisi apa ini?

Hal yang dialami wanita 20 tahun itu diberi nama dermatographia atau yang dikenal 'tulisan kulit'. Kondisi ini terjadi ketika seseorang terkena goresan yang kecil dan akan menimbulkan reaksi sementara tetapi signifikan seperti bentuk atau pola di kulit.

Kondisi ini disebut 'tulisan kulit' karena seseorang dapat membuat tulisan atau gambar di kulit mereka dengan mengelus menggunakan kuku atau tutup pulpen. Reaksi awal, kulit akan menjadi putih. Kemudian akan muncul kemerahan dan pembengkakan seperti bentuk goresan yang dibuat.

Dikutip dari Healthline, hanya dua hingga lima persen orang yang memiliki kondisi ini dan umumnya dialami oleh seseorang yang berusia 11-21 tahun. Kondisi ini tidak berbahaya.

Tak hanya itu, dermatographia bisa timbul karena temperatur yang ekstrem seperti suhu air yang panas dan udara yang dingin. Dikutip dari Medical News Today, lebih dari 80 persen akan mengalami kondisi ini ketika malam hari.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT