ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 17:00 WIB

Bukan Penyakit Kelamin Menular, Ini Fakta ISK yang Diidap Kalina Oktarani

Indi Mutiara - detikHealth
kalina oktarani cerita soal uang ibu yang dicuri eks ART Kalina Oktarani dituding mengidap penyakit kelamin menular. (Foto: Febri/detikHOT)
Jakarta -

Cekcok Ricky W Miraza dan Kalina Oktarani belakangan jadi sorotan publik. Pasalnya, Ricky, mantan Kalina, menuding dirinya mengidap penyakit kelamin menular.

Ia mengaku menyesal telah salah memilih perempuan. "Mending milih putus, soalnya penyakit kelamin itu menular... Maafkan selama ini kecerobohan saya memilih wanita," unggah Ricky W dalam akun pribadinya.

Menanggapi tudingan tersebut, Kalina bertanya pada dokter mengenai infeksi kandung kemih yang diderita olehnya itu berbahaya atau tidak. Karena dirinya merasa difitnah lantaran infeksi saluran kemih yang dikaitkan dengan perilaku yang tidak baik.

"Nggak kok bu, ini byk yg kena jg. Lbh ke arah kebersihan, sering nahan pipis jg bs infeksi kemih. ISK bukan infeksi menular seksual ya. Ga menular kok ini," jawab dokter.

Apa Itu ISK?

Dikutip dari Medical News Today, ISK terjadi karena mikroba seperti bakteri mengatasi pertahanan tubuh di saluran kemih. Mereka dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan saluran yang berjalan di antara mereka.

Pasalnya, gejala yang mengakibatkan infeksi saluran kemih di antaranya hasrat ingin pipis terus menerus, perih saat kencing, sering ngompol, urine tampak berkabut, urine berwarna merah, pink cerah, atau seperti cola. Gejalanya disertai menyengat, dan nyeri panggul pada perempuan.

ISK Tak Menular

Dokter yang menangani Kalina pun menjelaskan bahwa infeksi saluran kemih tidak menular. Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa faktor risiko infeksi saluran kemih.

  • Kelainan saluran kemih
  • Penyumbatan saluran kemih
  • Diabetes dan penyakit lain yang merusak sistem kekebalan tu hh
  • Penggunaan kateter
  • Operasi saluran kemih.


Simak Video "Risiko dari Seks Bebas atau FWB: Kencing Nanah Hingga Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT