Ini Jenis Produk Es Krim Haagen Dazs yang Ditarik BPOM

ADVERTISEMENT

Ini Jenis Produk Es Krim Haagen Dazs yang Ditarik BPOM

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 20 Jul 2022 14:11 WIB
Es krim Haagen Dazs
Es krim Haagen Dazs (Foto: Alethea Pricila/detikHealth)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik sejumlah produk es krim merek Haagen Dazs rasa vanila dari peredaran. Ini dilakukan menyusul adanya temuan kandungan Etilen Oksida oleh otoritas Prancis pada 7 Juli 2022.

Untuk melindungi masyarakat, BPOM menginstruksikan importir untuk melakukan penarikan dari peredaran terhadap produk-produk Haagen Dazs terdaftar di Indonesia. Pihaknya juga akan menghentikan sementara peredaran atau penjualan produk ini lantaran diimpor dari Prancis.

Sejumlah produk Haagen Dazs yang ditarik dari peredaran, yakni:

  • Es krim rasa vanilla dengan jenis kemasan pint dan mini cup
  • Es krim rasa vanila dengan jenis kemasan 100 ml dan 473 ml
  • Es krim rasa vanila dengan jenis kemasan bulkcan (9,46 liter)

"Lebih lanjut, sebagai langkah kehati-hatian, Badan POM juga menginstruksikan importir untuk menghentikan sementara peredaran atau penjualan produk es krim merek Haagen Dazs lainnya dengan komposisi yang mengandung perisa vanila sampai produk tersebut dipastikan aman," tulis BPOM dalam keterangan tertulis resminya, dikutip Rabu (20/9/2022).

Namun, untuk es krim Haagen Dazs lainnya yang terdaftar di BPOM tetap dapat beredar di Indonesia. BPOM mengimbau bagi masyarakat yang menemukan produk yang serupa masih beredar untuk segera melaporkannya.

"Jika masyarakat menemukan produk es krim merek Haagen Dazs dengan varian rasa vanila dan/atau varian dengan komposisi mengandung perisa vanila tersebut masih beredar, agar melaporkan ke Badan POM melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia," jelasnya.



Simak Video "BPOM Tarik Es Krim Vanilla Haagen Dazs dari Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT