ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 19:00 WIB

Mata Merah Berhari-hari Dikira COVID, Ternyata Kena Penyakit Ini

Christina Butarbutar - detikHealth
Viral sakit mata dikira covid Foto: Tiktok @khrisnaws (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral pria asal Cianjur mengidap Konjungtivis alias penyakit radang yang menyebabkan mata merah hingga membengkak. Dalam video di TikTok pribadinya, pria bernama Khrisna Wisnusakti ini mengaku bahwa gejala yang dialaminya saat itu seperti mata merah, bengkak, dan belekan.

Pria dengan nama akun TikTok @khrisnaws ini menyebutkan bahwa dirinya tertular penyakit ini berawal dari istri dan anaknya melalui benda yang disentuh penderita dan kontak langsung.

"Awalnya istri dan anak saya yang terlebih dahulu kena sakit mata ini, lalu menular ke saya. Nah gejala yang saya alami itu mata saya seakan panas dan perih. Kalau bangun tidur banyak keluar air mata dan mata ketutupan sama kotoran mata, seakan seperti lengket saat dibuka," kata Khrisna saat dihubungi detikcom Selasa (19/07/2022).

Ia juga mengaku, sangat tidak nyaman dengan keadaan yang dialaminya. Hal ini dikarenakan ketika menunduk pun terasa tekanan berat ke mata. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 5 hari, pria ini terus mengompres es pada matanya untuk mengurangi rasa sakit.

Pria berumur 32 tahun ini sempat mengira adanya gejala COVID. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan ke dokter, ternyata tidak menunjukkan adanya gejala covid, melainkan peradangan pada konjungtivis.

"Sempat berpikiran kalau ini gejala covid. Alhamdulillah, ternyata bukan dan tidak ada hubungannya dengan covid. Pemeriksaan dari dokter sih karena peradangan pada konjungtivitis," katanya lagi.

Setelah mendapatkan perawatan dari dokter selama kurang lebih 7 hari, pria ini dapat sembuh total dari rasa sakit.

Dikutip dari Medical News Today, penyakit Konjungtivitis atau mata merah terjadi ketika konjungtiva mata meradang. Mata bisa menjadi merah, bengkak, dan teriritasi, dan mungkin ada lendir. Penyakit ini disebabkan karena iritasi, alergi, dan infeksi. Selain itu, penyakit ini dapat ditularkan kepada siapapun.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Christina Butarbutar/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT