ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 06:37 WIB

Round Up

Menyoal Etilen Oksida, 'Biang Kerok' Es krim Haagen Dazs Vanilla Ditarik BPOM

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik produk es krim merek Haagen Dazs rasa vanila yang beredar di Indonesia. Penarikan ini menyusul temuan otoritas Prancis 7 Juli lalu, terkait kandungan Etilen Oksida. Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) dan Singapore Food Agency (SFA) juga langsung menarik produk tersebut.

Untuk melindungi masyarakat, BPOM menginstruksikan importir untuk melakukan penarikan dari peredaran terhadap produk-produk Haagen Dazs terdaftar di Indonesia. Pihaknya juga akan menghentikan sementara peredaran atau penjualan produk es krim merek Haagen-Dazs lainnya dengan komposisi yang mengandung perisa vanila, sampai produk tersebut dipastikan aman.

"Badan POM mengawal dan memastikan penarikan dan/atau penghentian sementara peredaran/penjualan produk sebagaimana dalam lampiran dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," demikian tindakan BPOM RI, diumumkan dalam keterangan tertulis resminya, dikutip Kamis (21/9/2022).

Berikut fakta-fakta es krim Haagen Dazs Vanilla ditarik oleh BPOM

1. Jenis Produk Es Krim Haagen Dazs yang Ditarik

Sejumlah produk Haagen Dazs yang ditarik dari peredaran, yakni:

  • Es krim rasa vanilla dengan jenis kemasan pint dan mini cup
  • Es krim rasa vanila dengan jenis kemasan 100 ml dan 473 ml
  • Es krim rasa vanila dengan jenis kemasan bulkcan (9,46 liter)

"Produk yang ditarik adalah Es Krim Rasa Vanila merek Haagen-Dazs kemasan pint dan mini cup. Produk es krim dengan merek yang sama untuk kemasan 100 ml dan 473 ml yang diimpor dari Prancis terdaftar di Badan POM dan beredar di Indonesia," tutur BPOM dalam keterangannya.

2. Apa itu EtO?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, etilen oksida (EtO) merupakan jenis gas tidak berwarna yang mudah terbakar dan berbau manis.

EtO biasanya digunakan untuk pembuatan etilen glikol (antibeku), tekstil, deterjen, pelarut, atau produk lainnya. Codex Allimentarius Commission (CAC) sebagai organisasi internasional di bawah WHO sebenarnya belum mengatur batas maksimal residu EtO sehingga pengaturannya di tiap negara beragam.

Adapun efek samping dari etilen oksida, di antaranya:

  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Kesulitan bernapas
  • Mengantuk
  • Lemah otot dan kelelahan
  • Mata dan kulit terasa seperti terbakar

EtO juga bersifat karsinogenik bagi manusia melalui paparan inhalasi. Paparan etilen oksida yang berlebih juga meningkatkan risiko terkena limfoma, leukemia (kanker darah), kanker perut dan payudara.

3. Bagaimana dengan Es Krim Haagen Dazs Lainnya?

Untuk es krim Haagen Dazs lainnya yang terdaftar di BPOM tetap dapat beredar di Indonesia. BPOM RI mengimbau jika masyarakat masih menemukan produk es krim merek Haagen Dazs rasa vanilla masih beredar, segera melapor ke BPOM RI melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia.

"Badan POM secara terus-menerus melakukan monitoring dan pengawasan pre dan post-market terhadap sarana dan produk yang beredar untuk perlindungan terhadap kesehatan masyarakat dan menjamin produk yang terdaftar di Badan POM dan beredar di Indonesia aman dikonsumsi," demikian pernyataan lengkap BPOM.

4. Sudah Mulai Hilang Sejak Minggu

Pantauan detikcom per Rabu (20/7/2022) di store Haagen Dazs Bintaro Jaya Xchange Mall, produk tersebut sudah tidak tersedia. Adi, penjaga toko setempat, menyebut penarikan kedua produk es krim rasa vanilla menyusul laporan adanya senyawa pestisida pada produk Haagen Dazs varian vanilla di Singapura.

Ia mengaku tidak tahu menahu terkait informasi BPOM RI yang resmi menarik keseluruhan produk Haagen Dazs rasa vanilla.

"Sudah ditarik dari hari Minggu lalu. Kayanya di semua store," beber dia saat ditemui detikcom Rabu (20/7).

Tersisa es krim Haagen Dazs varian rum raisin, cookies and cream, strawberry hingga kopi dan berbagai rasa lainnya. Tidak ada satupun produk Haagen Dazs vanilla ditemukan dalam toko KiosK Bintaro XChange Mall.

(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT