Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin untuk Anda dan Keluarga

ADVERTISEMENT

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin untuk Anda dan Keluarga

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Kamis, 21 Jul 2022 14:00 WIB
Virtu DigiLab
Foto: Virtu DigiLab
Jakarta -

Bagi setiap orang memiliki tubuh yang sehat merupakan hal yang sangat berharga. Bahkan, bisa dibilang juga bahwa kesehatan itu mahal harganya. Dengan tubuh yang sehat, tentu saja kita bisa melakukan berbagai banyak hal, mulai dari bekerja, bermain, melakukan traveling, atau hanya sekadar melakukan hobi yang kita sukai.

Memang dalam beberapa hal, menjaga kesehatan dapat dibilang mahal dan sulit untuk dipertahankan, namun akan lebih mahal dan sulit lagi apabila ingin sembuh dari keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pencegahan sejak dini dengan cara melakukan medical check-up atau pemeriksaan rutin.

Apa itu medical check-up? Medical check-up adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin dan bisa menggambarkan status kesehatan Anda terkini. Makin dini suatu penyakit terdeteksi maka makin cepat pertolongan yang dapat diberikan.

Dengan begitu, penyakit tidak berlanjut ke tahap yang lebih serius, sekaligus mencegah pertolongan yang lebih rumit. Belakangan ini, sering muncul kasus penyakit yang tak kenal usia. Tidak jarang penyakit yang biasanya dialami oleh orang tua, kini justru juga dialami pada kalangan muda.

Virtu DigiLab Foto: Virtu DigiLab

Kemunculan penyakit 'orang tua' di kalangan muda itu disebabkan banyak faktor yang sering kali diabaikan. Misalnya pola hidup tidak sehat, seperti makanan yang kurang bernutrisi, kurang berolahraga, jarang terpapar sinar matahari pagi, sering begadang, kurang konsumsi air putih serta serat, hingga merokok dan minum alkohol.

Oleh karena itu pemeriksaan secara rutin sangat penting untuk dilakukan, terutama untuk memeriksa kemungkinan adanya penyakit serius yang belum menunjukkan gejala. Berikut ini beberapa alasan mengapa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sangat disarankan.

1. Meningkatkan Kemungkinan Deteksi Dini Penyakit

Beberapa penyakit tidak menunjukkan gejala apa pun yang terlihat, sampai mereka melampaui beberapa fase pertama perkembangannya di dalam tubuh. Meskipun gejala-gejala ini mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, pemeriksaan medis menyeluruh dapat mendeteksi gejala-gejala tersebut.

2. Mengurangi Biaya Pengobatan dalam Jangka Panjang

Pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa menjadi alasan dibalik deteksi potensi masalah kesehatan yang bisa berujung pada pengeluaran permanen dan berulang. Misalnya, pemeriksaan kesehatan dapat mengungkapkan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang lebih tinggi dari rata-rata. Hal ini tentu saja akan memberi orang itu kesempatan untuk mengubah pola hidup sebelum masalah kolesterol menjadi kronis.

3. Mendorong dan Memotivasi untuk Selalu Sehat

Pemeriksaan kesehatan secara teratur memotivasi untuk tetap sehat. Sebab, Anda akan terus-menerus mengingatkan diri sendiri tentang pemeriksaan yang akan datang setiap kali Anda mulai melakukan kebiasaan tidak sehat.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT