ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 22:30 WIB

Heboh Lagi Rumor Kesehatan Putin Usai Disebut Terlihat Jalan Pincang

Vidya Pinandhita - detikHealth
Infografis daftar negara sasaran balas dendam Putin Vladimir Putin (Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Jakarta -

Kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin, kembali menjadi sorotan. Warga media sosial kini marak membahas gerak-gerik Putin yang terus-menerus memegang lengan kanannya, sembari berjalan pincang saat kunjungan ke Teheran, Selasa (19/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Putin menemui rekan-rekannya dari Turki dan Iran, Recep Tayyip Erdogan dan Ebrahim Raisi, serta Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

"Ada yang salah dengan langkah Putin," beber jurnalis Middle Eastern Eye Ragip Soylu menanggapi video berisi Putin tengah turun dari pesawat untuk menemui delegasi di bandara Mehrabad, dikutip dari dari Newsweek, Kamis (21/7/).

"Tangan kanannya juga tidak bergerak. Rekaman yang aneh," sambungnya.

Potongan video tersebut juga menuai respons banyak pengguna media sosial lainnya. Seorang pengguna Twitter, GReg HaRdee, menyorot kejanggalan dalam video tersebut. Pasalnya dalam video tersebut, Putin hanya menggerakan lengan kirinya, sementara Putin tidak kidal.

"Jelas ada semacam masalah mobilitas atau koordinasi. Dia jelas lebih banyak (menggerakan) satu sisi," bebernya.

"Putin hanya menggerakan lengan kirinya (yang) aneh untuk orang yang tidak kidal. Penyakit Parkinsons?" sambung GReg HaRdee.

Namun pakar keamanan Ivana Stradner lewat sebuah tweet-nya menyebut, lengan kanan Putin memang biasanya tidak bergerak banyak. Pasalnya, Putin masih membawa kebiasaan yang diperolehnya semasa menjadi intelijen Rusia. kala itu, satu tangan selalu dekat dengan pistol.

"Jelas, sulit untuk menghilangkan kebiasaan aneh," kata Stradner.

Sebagai informasi, beberapa tahun lalu beredar kabar Putin mengidap penyakit Parkinson. Kabar ini diselidiki dalam sebuah studi pada 2015 oleh ahli saraf. Studi yang kemudian diterbitkan dalam jurnal medis BMJ ini mendukung teori bahwa gaya berjalan Putin yang tidak konvensional berasal dari pelatihan KGB-nya.

Walau penelitian ini telah tujuh tahun berlalu, para ilmuwan mengatakan Putin memiliki 'keterampilan motorik yang sangat baik'. Artinya, ayunan lengan yang terbatas tersebut disebabkan pelatihan layanan keamanan, yang sebenarnya juga dialami mantan perwira dan komandan militer KGB lainnya.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT