Nyeri di Bagian Tubuh Ini? Waspada Gejala Omicron BA.2.75 'Centaurus'

ADVERTISEMENT

Nyeri di Bagian Tubuh Ini? Waspada Gejala Omicron BA.2.75 'Centaurus'

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 22 Jul 2022 06:46 WIB
Coronavirus pattern on dark red background with darkening and texture. The pale viruses are different in size. Pango lineage B.1.1.529.2.75.
Foto: Getty Images/iStockphoto/i-am-helen
Jakarta -

Selain Omicron BA.4 dan BA.5, kini dunia dibuat heboh terkait kemunculan subvarian Omicron baru BA.2.75 'Centaurus'. Mengingat salah satu gejala Omicron dapat berupa nyeri tubuh, di bagian tubuh mana nyeri tersebut muncul?

Mengacu pada aplikasi studi ZOE COVID, sakit punggung adalah salah satu dari 20 gejala yang paling banyak dikeluhkan oleh pasien COVID-19 varian Omicron. Prof Tim Spector, kepala aplikasi studi tersebut menjelaskan, sekitar satu dari lima orang dengan infeksi varian Omicron mengalami sakit punggung.

Sampai saat ini, masih belum ada penjelasan lebih rinci terkait penyebab banyak pasien Omicron mengalami sakit punggung. Namun di beberapa kasus, rasa sakit atau nyeri tersebut bisa melemahkan pasien dan membatasi mobilitas.

"Data dari Afrika Selatan yang pertama kali mengidentifikasi (varian Omicron) menunjukkan, pasien Omicron kerap mengalami dua rangkaian gejala (yaitu) pertama sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, kemudian nyeri otot terutama nyeri punggung bawah," beber pakar di VaccinesWork, dikutip dari Times of India, Kamis (21/7/2022).

"Nyeri punggung ini digambarkan oleh beberapa pasien sebagai kram menstruasi yang intens, batu ginjal atau kejang otot," sambung lembaga tersebut.

Meskipun demikian, tak semua sakit punggung disebabkan oleh COVID-19. Adapun gejala lainnya yang perlu diwaspadai dapat berupa sakit tenggorokan, batuk, demam, bersin, kelelahan, hingga gejala pernapasan.



Simak Video "Seputar Omicron 'Centaurus' BA.2.75 yang Sudah Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT