ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 09:04 WIB

Konsultasi Kesehatan

Sakit Perut di Sebelah Kanan, Termasuk Gejala Sakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit perut Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya Dok...

Sakit perut sebelah kanan, tanda sakit apa ya? Saya sudah merasakannya selama tiga kali.

P (pria, 50 tahun)

Jawaban:

Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri perut kanan antara lain: gangguan saluran cerna, penyakit pada hati atau kandung empedu, batu ginjal, radang usus buntu, peregangan otot-otot dinding perut, atau kondisi yang berkaitan dengan organ reproduksi pada wanita.

Nyeri perut yang disebabkan oleh gangguan saluran cerna biasanya akan terasa perih atau mules, dan disertai dengan perasaan kembung, mual, hingga muntah. Selain itu, nyeri ini bisa disertai dengan diare atau justru sembelit.

Pada penyakit batu empedu, biasanya nyeri perut akan dirasakan pada perut kanan atas dan sering menjalar ke punggung kanan. Nyeri perut ini bersifat hilang timbul, dirasakan setelah mengkonsumsi makanan berlemak atau bisa muncul secara tiba-tiba, dan bisa disertai dengan mual, muntah, ataupun demam.

Nyeri akibat batu ginjal biasanya terjadi secara mendadak pada pinggang bagian kanan. Nyeri perut ini bisa disertai dengan mual, muntah, demam, dan nyeri saat berkemih.

Nyeri akibat radang usus buntu biasanya dirasakan pada perut kanan bawah. Nyeri ini biasanya akan memberat dengan batuk atau dengan gerakan tertentu. Biasanya radang usus buntu juga akan disertai dengan demam, penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, atau sembelit.

Nyeri akibat peregangan otot-otot dinding perut biasanya bersifat tajam dan memberat dengan gerakan. Nyeri akibat peregangan otot ini biasanya dirasakan setelah penggunaan otot-otot secara berlebihan seperti olahraga ekstrim.

Oleh karena itu, keluhan nyeri perut yang dialami sudah terjadi berulang kali, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan.

dr Anna Puteri Gozali, SpPD

PRIMAYA EVASARI HOSPITAL

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT