ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 14:15 WIB

Milenial & Gen Z Rentan Terkena Cemas Berlebihan! Begini Cara Atasinya

Sukma Nur Fitriana - detikHealth
Ilustrasi Cemas Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sebagai dua generasi yang dianggap modern dan melek dengan dunia digital, ternyata milenial dan gen Z adalah generasi yang sering dihantui rasa cemas berlebih.

Data survei American Psychological Association (APA) misalnya menunjukkan 75% dari 300 gen Z yang berusia 15 sampai 17 tahun kerap merasakan cemas berlebih. Gen Z juga dilaporkan lebih sedikit dalam melaporkan kesehatan mental mereka dibanding milenial (15%) dan gen X (13%).

Selain itu, data dari UNICEF dalam laporan The State of the World's Children 2021 menyebutkan bahwa 29% anak muda di Indonesia sering merasa tertekan dan dirundung kecemasan. Yang mana dapat mengganggu jalannya aktivitas harian.

Media sosial disebut menjadi salah satu pemicu rentannya dua generasi ini terhadap rasa cemas berlebih. Sebab tuntutan gaya hidup yang sering dicitrakan di media sosial ternyata membawa dampak negatif pada kesehatan mental milenial & gen z.

Pada dasarnya, rasa cemas itu merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia. Namun jika berlebihan dan terus dibiarkan hal ini akan menjadi situasi yang mengkhawatirkan dan harus segera diatasi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas berlebih.

1. Olahraga

Bukan rahasia lagi kalau olahraga adalah salah satu aktivitas yang mampu membuat tubuh menjadi sehat dan menjaganya agar tetap bugar. Selain itu, berolahraga bisa menghasilkan hormon endorfin yang bantu merubah suasana hati menjadi lebih baik.

Dengan suasana hati yang baik, rasa cemas berlebih dan gejala depresi lainnya tentu akan hilang membuat hati akan jadi senang. Oleh karena itu, luangkanlah waktu 10-15 menit setiap hari untuk berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang dinilai ampuh untuk atasi cemas berlebih adalah yoga dan meditasi.

2. Jalan-jalan

Jangan buat diri terus-terusan merasa suntuk dengan berbagai aktivitas yang menguras energi. Sempatkanlah waktu untuk berjalan-jalan ke luar rumah atau ke luar dari tempat pemicu rasa cemas.

Untuk mengurangi rasa cemas, kamu bisa berjalan santai di lapangan atau tempat terbuka lain yang terkena sinar matahari langsung. Agar semakin relax, bisa juga lho sambil mendengarkan lagu-lagu favoritmu. Hal ini bisa membantu tubuhmu untuk menghasilkan hormon serotonin dan endorfin yang memicu perasaan bahagia.

3. Ngobrol sama Orang Terdekat

Ngobrol dengan orang terdekat, seperti keluarga atau teman mungkin memang tidak akan mengatasi masalah yang menjadi sumber rasa kecemasan, tapi ngobrol dengan orang terdekat secara alami bisa membuat diri merasa lebih bahagia dan melupakan rasa cemas itu sendiri.

Pada dasarnya juga, memendam rasa cemas secara terus-menerus tidak baik untuk kesehatan mentalmu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk curhat tentang hal-hal yang membuat kamu cemas dengan orang-orang yang kamu percaya & sayang ya.

4. Konsumsi Permen Karet

Mengunyah permen karet disebutkan bisa menjadi alternatif obat anti depresan bagi orang-orang yang mengalami kecemasan berlebih. Hal itu terjadi karena saat mengunyah permen karet, akan terjadi proses neurotransmisi dalam tubuh yang menghasilkan glukosa ke area otak.

Glukosa ke area otak inilah yang nantinya akan membantu diri meredakan stres. Selain meredakan stres, mengunyah permen karet juga bisa mempertajam daya ingatan dan membuat diri menjadi lebih fokus mengerjakan sesuatu. Karena banyak manfaat dari mengunyah permen karet, mulai sekarang sediakan dan simpan selalu permen karet di saku celana atau dalam tas ya.

5. Jalankan Hobi

Dalam sebuah penelitian disebutkan meluangkan waktu untuk melakukan hobi dinilai efektif untuk meredakan kecemasan berlebih dan juga stres. Hal itu terjadi karena melakukan hobi bisa membuat diri menjadi lebih rileks dan mengatasi suasana hati yang buruk.

Saat kamu sudah mulai merasakan kecemasan berlebih, cobalah untuk luangkan waktu untuk jalani hobi ya. Pasti banyak sekali hobi yang bisa dijalani atau bisa mencoba hobi baru yang tentunya akan mengembalikan energi kembali.

Itulah lima cara atasi rasa cemas berlebih yang bisa dicoba untuk kamu para generasi milenial & gen Z. Mulai sekarang cobalah untuk menerapkan kelima hal tadi saat merasa kewalahan dengan rasa cemas yang melanda.

Agar bisa semakin Bebas Cemas, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan untuk membawa ketenangan. Untuk keperluan transaksi sehari-hari, pastikan menggunakan dompet digital yang praktis & aman, contohnya seperti DANA.

Dompet digital satu ini dilindungi oleh DANA Protection yang memiliki sistem keamanan berlapis & dinamis, bahkan memberikan Garansi 100% Uang Kembali, sesuai S&K yang berlaku, jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi. Pastinya bisa bikin tenang & mengurangi beban pikiran ya.

Supaya bisa lebih tenang dalam hal finansial, generasi milenial & gen Z juga bisa follow akun Instagram @dana.finteach. Akun ini merupakan akun resmi dari DANA Indonesia yang menghadirkan konten-konten seputar keuangan, yang bisa bikin pengikutnya lebih melek finansial & bebas dari rasa cemas mengenai keuangan.

Maka dari itu, jangan lupa juga untuk download & pakai aplikasi DANA serta follow akun Instagram @dana.finteach ya!

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT