ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Jul 2022 09:01 WIB

Nikita Batal Ditahan, Psikolog Sorot Efek Cemas-Trauma saat Ditangkap Depan Anak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Nikita Mirzani Foto: Instagram
Jakarta -

Nikita Mirzani batal ditahan dengan alasan kemanusiaan. Kabid Humas Pola Banten Shinto Slitonga menyebut Nikita memiliki tiga orang anak yang harus didampingi.

Karenanya, Nikita diminta untuk wajib lapor dengan keputusan batalnya penahanan. Sebelumnya, Nikita Mirzani ditangkap polisi saat tengah berada di mal kawasan Jakarta Selatan.

Terlihat, anak bungsu yang tengah bersama Nikita dalam proses penangkapan tersebut, menangis. Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, kondisi tersebut bisa saja memicu rasa cemas hingga trauma.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan menjelaskan peristiwa yang terjadi secara tenang kepada anak. Selama tidak ada kekerasan, menurutnya kemungkinan besar efek trauma bisa dihindari.

"Anak sebaiknya didampingi dengan orang yang dirasa nyaman olehnya," pesan Rahma, saat dihubungi detikcom Jumat (22/7/2022).

"Anak diberi penjelasan sesuai yang bisa ditangkap atau dimengerti anak seusianya dan tetap diperlakukan dengan baik," tutur Rahma.

Rahma menyebut pendampingan anak dengan orang terdekat bisa menjaga kesehatan mental mereka di tengah peristiwa semacam itu.

Simak Video 'Penjelasan Polisi Terkait Nikita Mirzani Batal Ditahan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT