ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 05:00 WIB

Tidur Salah Posisi Bisa Memperburuk Low Back Pain, Ini yang Benar Menurut Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Tidur salah posisi bisa memperburuk low back pain (Foto: iStock)
Jakarta -

Nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan kondisi yang kerap dialami oleh banyak orang, terutama pada pekerja yang terlalu lama duduk. Adapun penyebabnya macam-macam, seperti gangguan otot, masalah struktur dari punggung bagian bawah, atau masalah anatomi lainnya.

Bagi orang yang merasakan low back pain ada beberapa treatment khusus yang harus dilakukan untuk meringankan gejala dan nyerinya, salah satunya membenarkan posisi tidur.

Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi dari RS Brawijaya Depok, dr Ajiantoro, SpOT (K-Spine), menjelaskan bahwa posisi tidur yang baik adalah terlentang. Hal ini berguna untuk membentuk tubuh dengan baik. Namun, seseorang juga bisa tidur dengan posisi miring ke kiri maupun ke kanan.

Pasalnya, proporsi dari bagian punggung atas dan punggung bawah harus menjadi satu kesatuan, sehingga jika ingin miring ke kiri seluruh badan juga harus miring ke kiri. Begitu juga miring ke kanan, seluruh badan harus miring ke kanan.

"Pada prinsipnya posisi tidur itu kita tidur di matras yang tidak terlalu empuk atau tidak terlalu keras, atau matras yang cukup padat. Kedua, posisi tidur yang baik itu adalah terlentang, boleh miring kiri atau miring kanan," ucapnya saat ditemui detikcom, Jumat (22/7/2022).

"Tapi proporsi dari bagian punggung atas dan punggung bawah harus menjadi satu kesatuan. Kalau kita miring kiri, kita semua miring kiri. Kalau miring kanan, semua miring kanan. Tapi paling baik adalah terlentang untuk membentuk tubuh dengan baik," lanjutnya.



Simak Video "Kenali Gejala Nyeri Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT