Curhat Lucinta Luna Ngaku Sakit, 'Tembolok' Dimasuki Besi Camera

ADVERTISEMENT

Curhat Lucinta Luna Ngaku Sakit, 'Tembolok' Dimasuki Besi Camera

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 25 Jul 2022 07:30 WIB
Cerita Lucinta Luna gergaji rahang.
Lucinta Luna saat menjalani operasi bedah plastik. (Foto: Tangkapan layar TikTok Lucinta Luna)
Jakarta -

Lucinta Luna menjalani sejumlah rangkaian operasi bedah plastik, salah satunya pengangkatan 'khodam' atau jakun. Ia menceritakan rasa sakit saat dokter memasukkan benda asing ke dalam tubuh.

"Pengorbanan Ratu tembolokku dimasukkan besi camera untuk menyetting chip agar suara burungku semakin merdu dan syahdu," kata Lucinta dalam unggahan Instagram Story-nya, dikutip Senin (24/7/2022).

"Nggak ngadi-ngadi ini dokter ngorek tembolokku pelan-pelan takut lecet jahitanku," sambung dia.

Lucinta Luna khawatir jahitan di leher tak kunjung kering pasca operasi dilakukan lebih dari sepekan lalu. Banyak masyarakat menilai operasi bedah plastik secara terus menerus seperti yang dilakukan Lucinta Luna sangat berisiko.

Namun, profesor bedah plastik Prof David Perdanakusuma memastikan selama operasi dilakukan di bagian tubuh berbeda, proses tersebut termasuk aman. Sementara operasi pengangkatan 'khodam' seperti yang dijalani Lucinta Luna dalam dunia medis dikenal dengan chondrolaryngoplasty.

Operasi bedah ini sangat mahal dan bukan tanpa risiko. Dikutip dari Healthline, sebelum operasi bedah plastik dilakukan, pasien akan menjalani tes darah dan elektrokardiogram (EKG) untuk melihat seberapa sehat menjalani operasi.

Dokter juga akan mencari tahu adakah obat-obatan atau suplemen yang tengah dikonsumsi. Umumnya, pasien diminta menyetop obat-obatan yang bisa memicu perdarahan atau menghambat pembekuan darah.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT