ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 11:30 WIB

Cacar Monyet Menular Lewat Sentuhan dengan Benda, Ini Gejala Kebanyakan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Monkeypox virus Foto: Getty Images/iStockphoto/kontekbrothers
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyakit cacar monyet sebagai darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Label tersebut menandakan diperlukannya respons internasional yang terkoordinasi, disertai upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan.

Dikutip dari Aljazeera, hingga kini setidaknya ada 16.836 kasus cacar monyet dibarengi lima kasus kematian di dunia. Kasus tersebut tersebar di 74 negara atau wilayah sejak awal 2022.

Virus cacar monyet pada manusia menular lewat kontak dekat dengan orang lain yang terinfeksi, hewan yang terjangkit, atau bahan yang terkontaminasi virus. Pada penularan antarmanusia, cacar monyet menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak fisik dekat, termasuk kontak seksual.

Sentuhan dengan ruam, cairan tubuh, dan koreng dengan pasien cacar monyet berpotensi kuat menularkan virus. Selain itu, sentuhan dengan benda-benda seperti pakaian, tempat tidur, handuk, dan alat makan yang terkontaminasi virus juga bisa menjadi cara penularan virus cacar monyet.

Selain itu, virus cacar monyet juga bisa menular dari ibu hamil ke janinnya, atau dari orangtua ke anak selama masa kehamilan atau setelah kelahiran melalui kontak kulit dengan kulit.

Namun, hingga kini tidak ada kepastian perihal bisa atau tidak orang yang terjangkit cacar monyet tanpa gejala menularkan virus.

Berikut daftar gejala umum cacar monyet menurut WHO:

  • Demam
  • Sakit kepala hebat
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Lemah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ruam atau lesi


Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT