ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 08:30 WIB

95 Persen Cacar Monyet Saat Ini Menular Lewat Seks, Yakin Cuma Gay yang Kena?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Riset menyebut, 95 persen penularan cacar monyet terjadi melalui kontak seksual. Seperti apa temuannya?

Hal tersebut mengacu pada riset yang dipublikasikan New England Journal of Medicine pada Kamis (21/7/2022). Studi tersebut meneliti 528 kasus infeksi pada 27 April-24 Juni 2022. Disebutkan, 95 persen penularan virus cacar monyet terjadi melalui aktivitas seksual. Namun, riset tersebut tidak menyebut bahwa penularan secara eksklusif hanya terjadi di antara pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

"Secara keseluruhan, 98 persen orang dengan infeksi adalah laki-laki gay atau biseksual, dan 75 persen berkulit putih. Usia rata-rata adalah 38 tahun. Sebanyak 41 persen dari orang yang hidup dengan infeksi HIV, dan di sebagian besar orang-orang ini, infeksi HIV terkontrol dengan baik," tertera dalam hasil riset tersebut.

Di samping itu, para peneliti dan dokter juga menekankan bahwa penularan virus tidak terbatas pada aktivitas seksual. Virus juga bisa menyebar melalui kontak fisik dekat.

"Penting untuk ditekankan bahwa cacar monyet bukanlah infeksi menular seksual dalam pengertian tradisional. Itu (virus cacar monyet) dapat diperoleh melalui segala jenis kontak fisik yang dekat," ujar salah satu penulis hasil riset, John Thornhill, dikutip dari News18, Selasa (26/7/2022).

Hal senada disampaikan oleh Direktur Regional WHO Wilayah Asia Tenggara, dr Poonam K Singh. Menurutnya, selain kontak fisik dan hubungan seksual, virus cacar monyet juga menular melalui sentuhan kulit dengan bahan yang terkontaminasi virus cacar monyet.

"Penularan cacar monyet tampaknya terjadi paling banyak melalui kontak fisik yang dekat, termasuk kontak seksual. Penularan juga dapat terjadi dari bahan yang terkontaminasi seperti linen, tempat tidur, elektronik, dan pakaian yang memiliki partikel kulit yang menular," ujarnya.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT