ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 16:00 WIB

Bukan Dibehel, Sesimpel Ini Rawat Gigi Anak Balita Biar Tetap Sehat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral TikTok seorang ibu nekat memasang behel pada bayi di bawah lima tahun. Foto: Tangkapan layar viral TikTok
Jakarta -

Ramai kecaman di media sosial soal anak balita yang memakai behel. Banyak pakar khawatir pemasangan behel di usia anak dengan gigi yang masih dalam pertumbuhan, berdampak fatal.

Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Usman Sumantri menyebut sang anak rentan mengalami gangguan gigi hingga rahang.

"Pemasangan behel atau kawat gigi wajib dilakukan oleh dokter gigi, bahkan ada pendidikan lanjutan spesialistik yaitu spesialis orthodonsia," ungkapnya kepada detikcom Selasa (26/7/2022).

"Apalagi ini dipasang pada anak balita yang sangat rentan terjadi hambatan atau penyimpangan tumbuh kembang rahang dan giginya tanpa keilmuan," sambung dia.

Senada, drg Rifqie Al Haris, kreator konten akun edukasi KorTuGi menyebut efek pemasangan behel bisa sangat berbahaya pada tumbuh kembang gigi anak balita. Ada risiko keropos atau peradangan gigi jika kebersihan tidak terjaga.

"Pemakaian behel itu juga akan menimbulkan rasa nyeri akibat tarikan kawat giginya," kata dia, dihubungi detikcom secara terpisah, Selasa (26/7).

Alih-alih pemakaian behel, kesehatan dan kerapihan gigi balita bisa dijaga dengan mengatur pola makan sehat serta tekstur makanan. Anak juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.

"Jika gigi dan rahang terstimulasi dengan baik, ditambah dengan nutrisi yang tercukupi, pertumbuhan rahang dan gigi akan normal," sebutnya.

Sementara Usman, menyarankan untuk rutin membersihkan gigi anak sejak gigi pertama muncul, umumnya di usia 6 hingga delapan bulan.

"Itu dengan kapas dibersihkan, supaya tidak banyak susu yang menempel di permukaan gigi, supaya tidak karies," jelasnya.

Anak juga harus dibiasakan dengan rutin menggosok gigi sebelum tidur dan saat bangun tidur setelah sarapan.



Simak Video "Gigi Balita Berbehel, Apakah Perlu?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT