ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 07:35 WIB

'Tembolok' Belum Kering, Kapan Suara Lucinta Luna Mulai Berubah?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Lucinta Luna operasi jakun Lucinta Luna jalani operasi. (Foto: TikTok @Lucintaluna)
Jakarta -

Perawatan pasca operasi pengangkatan 'khodam' Lucinta Luna belum juga selesai. Publik figur 33 tahun itu mengaku masih sulit menelan lantaran jahitan tak kunjung kering.

"Gimana nggak sakit nelennya, tembolokku harus benar-benar kering jahitannya," curhat Lucinta Luna, dikutip dari Instagram Story-nya, Rabu (27/7/2022).

Lantaran luka tak kunjung kering, Lucinta Luna terpaksa harus mengonsumsi bubur sebagai makanan sehari-hari agar lebih mudah ditelan. Ia belum mengungkap kapan pastinya hasil suara dari pengangkatan 'khodam' atau jakun mulai terlihat.

"Sabar ya nak anak, tembolok Ratu masih basah kemarin habis disetting sama dokterku," jelas Lucinta.

"Dimasukin linggis biar suaraku merdu kayak syahrini," candanya.

Namun, terlihat banyak perban yang tadinya terpasang di seluruh wajah Lucinta Luna, satu persatu sudah mulai dilepas. Hanya ada perban di bagian leher yang menutup luka pasca operasi 'tembolok'.

Dikutip dari Mayo Clinic, dalam dunia medis prosedur 'menyetting' suara seperti yang dilakukan Lucinta Luna dinamakan voice feminization. Operasi ini bisa meningkatkan nada bicara yang biasa dan mengurangi kemampuan untuk menghasilkan suara bernada rendah. Hasil dari sebagian besar operasi ini bersifat permanen.

Setelah operasi, pasien belum bisa berbicara dan disarankan hanya memakan makanan lembut untuk proses pemulihan.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT