ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 17:30 WIB

Psikolog Sentil Candaan Igun Suruh Keisya Levronka Lipsync, Termasuk Bully?

Alethea Pricila - detikHealth
Keisya Levronka Foto: Instagram @keisyalevronka
Jakarta -

Saat ini sedang ramai di media sosial mengenai candaan Ivan Gunawan kepada Keisya Levronka. Candaan yang dilakukan oleh Ivan Gunawan justru menjadi kritik bagi pengguna media sosial baik TikTok, Instagram, maupun Twitter.

Beberapa netizen menilai ucapan yang dilontarkan oleh Ivan bukan candaan tetapi merupakan tindakan Bully. Lalu apakah ucapan tersebut termasuk dalam tindakan bully?

Bullying merupakan tindakan yang dapat dilakukan baik verbal, fisik atau sosial, dan melalui online (cyberbullying). Dikutip dari Kemenpppa, bullying merupakan segala penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan menyakiti dan dilakukan terus menerus.

Menanggapi tindakan tersebut, psikolog klinis dari Pro Help Center Nuzulia Rahma, menyebutkan bahwa tindakan yang dilakukan bisa dikatakan bullying. Hal ini terjadi karena tindakan tersebut bukan kritik yang membangun dan merendahkan serta menyakiti orang lain.

"Tindakan tersebut bisa dikatakan bullying. Ini bukan sekadar bercanda karena termasuk merendahkan dan menyakiti pihak tertentu, dan ini bukan pula kritik yang membangun karena cara penyampaiannya tidak tepat, yaitu dilakukan dengan intonasi dan tata bahasa yang merendahkan dan dilakukan di hadapan banyak orang," ujarnya kepada detikcom, Rabu (27/7).

Ia juga menambahkan jika memang tujuannya untuk bercanda jangan menyakiti siapapun dan jika ingin mengkritik, lakukan dengan personal.

"Jika maksudnya ingin bercanda, maka carilah candaan yang tidak menyakiti siapapun. Jika ingin mengkritik, maka kritiklah secara pribadi, tidak di depan orang banyak," tutupnya.

Kendati demikian, melalui unggahan di Instagram pribadinya, Ivan Gunawan klarifikasi bahwa ia sudah meminta maaf dan sudah direspon oleh Keisya Levronka.



Simak Video "Game Bikin Anak Kasar dan Suka Nge-bully?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT