ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 11:11 WIB

Wamenkes Bicara Booster Kedua, Bakal Pakai Vaksin COVID-19 Merah Putih?

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Foto: Indi Mutiara/detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan rencana pemberian vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua, dengan prioritas sasaran tenaga kesehatan. Akankah suntikan booster kedua tersebut menggunakan vaksin Merah Putih?

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menyebut, hingga kini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) terkait rencana pemberian booster kedua. Secepatnya ITAGI mengeluarkan rekomendasi, vaksinasi booster kedua akan segera dilakukan secara cepat dan maksimal.

Ia juga menjelaskan, jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan pada suntikan booster kedua masih sedang dibicarakan bersama ITAGI.

Menurutnya, untuk bisa digunakan sebagai vaksin dosis keempat, vaksin Merah Putih harus menjalani mekanisme clinical trial lebih dulu. Jika clinical trial vaksin Merah Putih untuk booster kedua sudah tuntas, barulah bisa digunakan.

"(Jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan untuk vaksinasi COVID-19 dosis keempat) nanti sedang dibicarakan dengan ITAGI," ujar Wamenkes Dante saat ditemui detikcom di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

"Nanti tentu harus ada mekanisme clinical trial lebih dulu. Kalau memang clinical trial vaksin Merah Putih itu sudah masuk dalam clinical trial tahap booster maka tentu bisa digunakan. Tetapi yang paling penting adalah clinical trial vaksin merah putih itu," imbuhnya.

Ia juga menyinggung, vaksinasi COVID-19 booster kedua akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Pasalnya imbas varian Corona yang kini merebak, sudah terdapat dua dokter meninggal dunia.

"Nakes merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan terutama pada masa COVID ini. Kita tahu sudah ada 2 dokter yang meninggal akibat pandemi COVID yang berkembang dengan varian yang ada sekarang. Maka diharapkan dengan memberikan booster kita bisa memberikan perlindungan nakes yang dapat melayani masyarakat secara umum secara sehat," beber Wamenkes Dante.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT