Vaksin Dosis Keempat AstraZeneca 73 Persen Efektif Tangkal COVID-19 Omicron

ADVERTISEMENT

Vaksin Dosis Keempat AstraZeneca 73 Persen Efektif Tangkal COVID-19 Omicron

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jumat, 29 Jul 2022 17:00 WIB
Apakah vaksin AstraZeneca perlu booster? Pertanyaan ini muncul di tengah penyelenggaran vaksin booster yang digencarkan pemerintah mulai 12 Januari lalu.
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
Jakarta -

Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas CHiang Mai, Thailand, vaksin COVID-19 AstraZeneca (AZD1222) efektif dalam mencegah infeksi varian Omicron ketika digunakan sebagai booster dosis keempat. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam laporan di Research Square.

Dalam laporan tersebut, vaksin AstraZeneca memiliki efektivitas hingga 73 persen terhadap varian Omicron ketika diberikan setelah vaksin primer dan booster pertama. Hasil ini merupakan data pertama yang menilai efektivitas pemberian vaksin COVID-19 empat dosis campuran atau heterolog.

"Penelitian ini memberikan data yang sangat dibutuhkan, yang menunjukkan bahwa dosis keempat vaksin COVID-19 dapat membantu mencegah infeksi karena varian Omicron yang sangat menular," kata penulis utama Suwat Chariyalerstak dari Faculty of Public Health Chiang Mai University, dikutip dari siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (20/7/2022).

Vaksin booster menjadi komponen penting terutama bagi kelompok berisiko tinggi seperti lansia dan orang dengan penyakit kronis. Terlebih, varian virus COVID-19 terus bermutasi dan mengalami perkembangan.

"AZD1222 dapat membantu mencegah infeksi terkait Omicron ketika diberikan sebagai dosis keempat, dengan perlindungan yang lebih besar terhadap infeksi dibandingkan dengan setelah pemberian dosis ketiga," jelas Senior Vice President AstraZeneca, John Perez.

Analisis kumpulan data tersebut sedang berlangsung dan akan terus dilaporkan dari waktu ke waktu.



Simak Video "Vaksin Booster Kedua Gratis, Masyarakat Bisa Langsung Datang ke Faskes"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT