ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 06:30 WIB

Tips Menyusui di Pesawat Agar Telinga Bayi Tak Berdengung

Alethea Pricila - detikHealth
obat puting lecet ibu menyusui Tips menyusui di pesawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zurijeta)
Jakarta -

Membawa bayi ketika berpergian menjadi tantangan baru bagi ibu. Terlebih jika berpergian menggunakan pesawat.

Kerap kali suasana pesawat dapat membuat suasana tidak nyaman bukan hanya untuk bayi melainkan juga Ibunya. Hal ini terjadi karena ruang yang terbatas, suara pesawat, dan suasana dalam kabin.

Tak hanya itu, suara mesin pesawat dan turbulensi dapat membuat bayi terganggu dan menangis di dalam pesawat. Situasi ini terkadang membuat ibu bingung.

Salah satu solusi untuk menangani kondisi tersebut adalah menyusui. Walau di dalam pesawat, Ibu juga dapat menyusui dengan baik.

Selain itu, kunci utama dari menyusui adalah kenyaman. Hal ini juga dijelaskan oleh dr Sarah Audia Husna, Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Childern.

"Menyusui di pesawat pada prinsipnya itu comforting. Jadi bisa membantu bayi merasa mendapatkan kenyamanan saat dia merasa kondisinya terancam, di lingkungan yang baru atau sedang sakit. Intinya itu comforting," ucapnya.

dr Sarah juga menambahkan dengan menyusui juga bisa memberikan manfaat bagi bayi. Menyusui di pesawat dapat mencegah sakit telinga karena bayi juga merasa nyaman dan rileks.

"Kemudian, pada saat take off, sebenarnya itu melibatkan gerakan rahang bawah dan atas, serta lidah. Itu membuat bayi lebih nyaman jadi enggak tiba-tiba membuat telinganya berdengung," ujar Sarah.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Cegah Stunting, Menkes Minta Busui Positif Covid-19 Tetap Menyusui"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT