ADVERTISEMENT

Minggu, 31 Jul 2022 13:00 WIB

Kapan Vaksin COVID-19 Booster Kedua untuk Masyarakat Umum? Ini Kata Kemenkes RI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kota Surabaya Genjot Cakupan Vaksinasi Booster Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Vaksin COVID-19 booster kedua resmi digelar Jumat (29/7/2022) khusus pada tenaga kesehatan. Sekitar lebih dari empat juta nakes menerima vaksin COVID-19 booster kedua atau dosis vaksin COVID-19 keempat.

Nakes diprioritaskan mendapat vaksin COVID-19 booster kedua lantaran masuk kelompok rawan. Sudah ada dua dokter yang meninggal di masa gelombang Omicron baru, antibodi pasca vaksinasi COVID-19 booster ketiga diyakini bisa meredup setelah enam bulan disuntikkan.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, vaksin COVID-19 booster kedua masyarakat umum bakal didahulukan pada pengidap komorbid dan lansia. Targetnya, tidak lewat dari tahun ini.

Rencana tersebut masih membutuhkan analisis langsung dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Pemerintah juga akan fokus melihat capaian vaksinasi booster pertama atau vaksin COVID-19 dosis ketiga terlebih dulu.

"Untuk lansia dan yang lain menyusul, untuk waktunya belum ada kepastian. Tapi mudah-mudahan di tahun ini juga ya, sedangkan masyarakat menyusul setelah itu manakala juga seiring dengan peningkatan cakupan vaksin booster yang pertama," kata Syahril dikutip dari siaran CNN Indonesia TV, Jumat (29/7).

"Jadi capaian booster pertama untuk nakes sudah lebih dari enam bulan sebagian besar. Dan saat ini kondisinya masih pandemi dan adanya fluktuasi kenaikan kasus, oleh sebab itu berdasarkan rekomendasi ITAGI dan berbagai pihak, diberikan vaksin dosis keempat untuk nakes," ujar Syahril.



Simak Video "Eropa Rekomendasikan Booster Kedua untuk Lansia dan Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT