ADVERTISEMENT

Senin, 01 Agu 2022 09:45 WIB

Apakah Stroke Ringan Bisa Sembuh? Begini Kata Dokter Jantung

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
stroke Apakah stroke ringan bisa sembuh? (Foto: iStock)
Jakarta -

Ketika mendapatkan diagnosis stroke ringan, banyak pengidap dan orang-orang di sekitarnya khawatir terkait apakah stroke ringan bisa sembuh? Pasalnya, kondisi ini sekilas tak berbeda dari gejala stroke biasa yang terlihat mengkhawatirkan.

Stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA) sendiri merupakan periode gejala sementara yang mirip dengan stroke. Kondisi ini umumnya hanya berlangsung beberapa menit dan tidak menyebabkan kerusakan yang permanen. Sekitar satu dari tiga orang yang memiliki stroke ringan bisa mendadak terkena stroke biasa dalam waktu setengah atau satu tahun setelah mengidap kondisi ini.

Dikutip dari Mayo Clinic, sebagian besar tanda dan gejalanya akan menghilang dalam waktu satu hingga 24 jam. Begitu juga gejalanya mirip dengan stroke biasa, seperti kelemahan atau lumpuh, bicara cadel, kebutaan pada satu atau kedua mata, hingga vertigo. Karenanya kondisi ini tak boleh disepelekan dan harus mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Apakah Stroke Ringan Bisa Sembuh?

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, stroke ringan bisa pulih fungsi tangan atau kakinya yang sebelumnya lumpuh.

Meski begitu, dr Vito menyebut kondisi seperti ini perlu dipastikan terlebih dahulu terkait penyebabnya. Apakah karena gangguan irama jantung yang bisa membuat pembekuan darah atau penyempitan pembuluh darah karena darah tinggi atau kolesterol.

"Stroke ringan, bisa pulih fungsi tangan atau kakinya yang tadinya lumpuh. Tapi harus cari penyebab nya apa, apakah gangguan irama jantung yang bisa membuat pembekuan darah atau penyempitan pembuluh darah karena darah tinggi dan kolesterol?," tuturnya saat dihubungi detikcom, Jumat (29/7/2022).

dr Vito juga menegaskan kondisi ini tidak bisa disepelekan dan harus dicegah. Hal tersebut karena stroke ringan bisa terjadi berulang, bahkan bisa lebih berat.

"Harus dicegah, karena stroke ringan bisa berulang dan bisa lebih berat," sambungnya lagi.



Simak Video "Ini Ternyata Tanda-tanda Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT