ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 09:17 WIB

Konsultasi Kesehatan

Sering Tiba-tiba Kembung dan Sesak Napas, Tanda Sakit Apa ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Perut Kembung Sering tiba-tiba kembung dan sesak napas, tanda sakit apa ya? (Foto ilustrasi: Shutterstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dokter, saya sering tiba-tiba sesak napas dan perut kembung. Terkadang, tenggorokan juga terasa mengganjal sama kaki terasa pegal. Ini kenapa ya Dok?

Ibek (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Ada beberapa keluhan yang disampaikan ya, yaitu sesak napas dan perut kembung. Tenggorokan seperti mengganjal serta kaki terasa pegal.

Ini keluhan yang umum dan sangat lebar. Informasi lebih lanjut yang diperlukan seperti, sudah berapa lama ini terjadi, kapan saja keluhan ini terjadi, apakah berbagai keluhan ini terjadi bersamaan dan seberapa berat keluhannya sehingga mengganggu aktivitas. Saya coba pilah satu per satu:

1. Sesak napas dan rasa perut seperti kembung yang terjadi bersamaan bisa saja disebabkan oleh:

  • Gangguan produksi asam lambung. Apakah bisa diatasi dengan obat pereda asam lambung? Apakah terjadi bila sedang makan makanan tertentu atau bahkan bila kondisi lapar?
  • Hal lain adalah bisa juga hiperventilasi atau kondisi panik. Coba perhatikan apakah sedang sibuk dengan pekerjaan atau ada dalam suasana yang kurang baik atau stres. Coba atur napas dan duduk beristirahat sejenak, apakah keluhan berkurang?
  • Apakah ada keluhan penyakit jantung? Hal ini mungkin relatif sangat kecil kemungkinannya. Tapi, sakit jantung di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Bila terus menerus ada keluhan, termasuk ada nyeri dada dan mengganggu aktivitas, segera periksakan ke dokter.

2. Rasa sakit di tenggorokan bisa juga tanda dari produksi asam lambung berlebih yang naik ke atas, atau juga bisa ada infeksi tenggorokan. Bila ini sering terjadi dan diiringi demam, sebaiknya juga periksakan ke dokter.

3. Mengenai kaki pegal, ini juga sulit untuk disebutkan langsung apa penyebabnya. Misalnya apakah memang aktivitas yang banyak, berdiri, atau duduk? Apakah pegalnya tidak berkurang dengan istirahat? Apakah pegalnya muncul saat berjalan sedikit saja.

Coba rutin berolahraga, terutama latihan kardiovaskular seperti jalan dan jogging. Semoga ketahanan tubuh dapat menjadi lebih baik dan bisa berkurang rasa pegal-pegalnya.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Pakar Sebut Pasien Omicron Jarang Anosmia dan Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT