Mengenal Asma Kulit, Sempat Diidap Anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

ADVERTISEMENT

Mengenal Asma Kulit, Sempat Diidap Anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Alethea Pricila - detikHealth
Rabu, 03 Agu 2022 20:15 WIB
Ameena Nur Atta
Ameena dan Aurel (Foto: Instagram)
Jakarta -

Ameena, anak dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dikabarkan mengalami asma kulit atau disebut dermatitis atopik. Kabar ini disampaikan langsung melalui YouTube The Atta Family.

Kondisi ini diketahui setelah Krisdayanti melakukan cek kulit cucunya ke dokter dan diketahui Ameena terkena asma kulit.

"Itu (asma kulit) bagian dari eksima, eksima itu kalau ada pemicunya baru muncul. Pemicunya keringat, stress, debu, dingin," ucap Krisdayanti.

Tak hanya itu, menurutnya salah satu penyebab asma kulit yang dialami cucunya ini terjadi karena dingin. Lalu apa itu asma kulit? Simak berikut ini.

Apa Itu Asma Kulit?

Dermatitis atopik atau asma kulit merupakan kondisi kulit yang umumnya terjadi untuk anak-anak yang menyebabkan kulit menjadi merah dan gatal.

Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, iritasi, dan alergen. Bagi beberapa anak, kondisi ini bisa disebabkan karena adanya alergi makanan yang berperan menyebabkan eksim. Dikutip dari webMD, salah satu penyebab terjadinya asma kulit ini karena keturunan dari keluarga yang memiliki kondisi serupa.

Dermatitis atopik ini umumnya terjadi untuk anak berusia di bawah 5 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada orang dewasa. Dikutip dari Mayo Clinic terdapat gejala-gejala yang umumnya dirasakan oleh pengidap asma kulit seperti:

  1. Kulit kering
  2. Gatal, biasanya terjadi saat malam hari
  3. Bercak merah hingga abu-abu kecoklatan, terutama di daerah tangan, kaki, pergelangan kaki dan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, lekukan siku dan mulut, serta di wajah atau kulit kepala pada bayi
  4. Benjolan kecil yang menonjol yang dapat mengeluarkan cairan dan mengeras saat tergores
  5. Kulit menebal, pecah-pecah
  6. Kulit sensitif dan bengkak karena garukan

Seseorang yang mengidap asma kulit ini biasanya sudah mengalami setidaknya dua gejala di atas. Hal ini disampaikan oleh Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV dari DNI Skin Center.

"Kalau sudah memenuhi dua dari kriteria mayor dan beberapa kriteria minor baru bisa disebut dermatitis atopik," jelasnya kepada detikcom, Selasa (2/8).



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT