ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 13:35 WIB

Viral Model Dijuluki 'Super Spreader' Gegara Herpes Genital, Kondisi Apa Itu?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Wanita dijuluki super spreader herpes genital Foto: Instagram @suzbubs
Jakarta -

Seorang model cantik bernama Suzanna Brusikiewicz mengaku dirinya mengidap penyakit menular seksual (PMS). Ia didiagnosis dengan herpes genital tiga tahun lalu usai tertular dari mantan pacarnya yang berselingkuh. Kondisi tersebut juga tak menghentikannya untuk berhubungan seks dengan pasangan baru.

Sayangnya, penyakit yang diidapnya itu membuat Suzanna menjadi bahan cemoohan di media sosial. Tak sedikit yang menjulukinya 'super spreader', seorang yang menularkan penyakit kepada banyak orang. Bahkan, Suzanna juga mengidap herpes oral yang muncul sebagai luka di wajah selain herpes genital.

"Aneh, yang oral kebanyakan dinormalisasi, sedangkan herpes genital dicemooh. Itu menyoroti kurangnya pendidikan kita tentang virus yang sangat umum ini," bebernya, dikutip dari Daily Star.

Apa Itu Herpes Genital?

Dikutip dari Mayo Clinic, Kamis (4/8/2022), herpes genital adalah infeksi menular seksual umum yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Adapun penyebaran utama dari virus ini adalah melakukan kontak seksual.

Setelah infeksi awal, virus umumnya tertidur di tubuh dan dapat aktif kembali beberapa kali dalam setahun. Tidak ada obat untuk herpes genital, namun beberapa obat-obatan bisa meredakan gejala hingga mengurangi risiko penularan ke orang lain.

Gejala Herpes Genital

Kebanyakan pasien yang terinfeksi HSV tidak mengetahui kalau mereka mengidapnya. Hal tersebut dikarenakan tidak ada tanda atau gejala yang spesifik. Namun jika mengalami gejala, dapat berupa:

  • Sakit atau gatal di area genital
  • Benjolan merah kecil atau lepuh putih kecil. Ini mungkin muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah infeksi.
  • Bisul. Ini dapat terbentuk ketika lepuh pecah dan mengeluarkan cairan atau berdarah. Bisul bisa membuat pasien buang air kecil terasa sakit.
  • Keropeng, kulit akan mengeras dan membentuk koreng saat bisul sembuh.
    Bisa juga memiliki gejala seperti flu seperti pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.


Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT