ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 08:25 WIB

Model Ini Blak-blakan Idap Herpes Genital, Berakhir Dijuluki 'Super Spreader'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wanita idap herpes genital, dijuluki super spreader Curhat wanita idap herpes genital, berakhir dibully. (Foto: Instagram @suzbubs)
Jakarta -

Seorang model yang aktif di TikTok mengakui dirinya mengidap penyakit menular seksual. Suzanna Brusikiewicz didiagnosis dengan herpes genital tiga tahun lalu tetapi mengatakan kondisi itu tidak menghentikannya berhubungan seks dengan pasangan baru.

Dia berkata bahwa dia selalu jujur dan memberitahu calon pasangannya bahwa dia mengidap herpes. Ia mengatakan kondisinya tersebut tak membuatnya malu, ia bahkan kerap memposting mengenai bagaimana rasanya hidup dengan penyakit menular seksual.

Hanya saja penyakit tersebut membuatnya jadi bahan cemoohan di media sosial. Tidak sedikit yang menjulukinya 'super spreader', seseorang yang menularkan penyakit kepada banyak orang.

Kepada Daily Star, Suzanna bercerita tertular herpes pada akhir 2019 dari mantan pacarnya yang berselingkuh. Ia mengatakan tidak ada obat untuk penyakitnya, kecuali salep ketika kondisinya kambuh.

Selain herpes genital, Suzanna juga mengidap herpes oral yang muncul sebagai luka di wajah.

"Aneh, yang oral kebanyakan dinormalisasi, sedangkan herpes genital dicemooh. Itu menyoroti kurangnya pendidikan kita tentang virus yang sangat umum ini," bebernya.

Dia mengatakan herpes sama sekali tidak mempengaruhi kehidupan sehari-harinya, selain iritasi kulit sesekali.



Simak Video "HUT ke-77 RI, Epidemiolog Apresiasi Pengendalian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT