ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 06:00 WIB

Round Up

Wanita Ini Rutin Cuci Darah di Usia 20-an, Jarang Minum Bisa Jadi Pemicu?

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Viral di TikTok wanita muda idap gagal ginjal kronis. Cuci darah rutin di usia 20-an tahun (Foto: Tangkapan layar: SS Viral atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 26 tahun di Bandung mengidap gagal ginjal kronis. Pada awalnya ia tidak merasakan gejala apapun pada tubuhnya, namun terkadang ia merasa pusing.

Akhirnya ia memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Walhasil, dokter memvonis dirinya gagal ginjal dan setiap hari ia terpaksa harus mengganti cairan dialisis secara rutin, siang dan malam.

Sebelum mengganti cairan dialisis, wanita berinisial DN ini juga wajib mengecek kebocoran, kotoran, expired date cairan tersebut. Jauh sebelum didiagnosis gagal ginjal kronis, DN mengaku sempat berpikir keluhan yang dialaminya mengarah ke masalah lambung lantaran sering mual dan muntah.

"Setelah dicek, ternyata lain. Bulan Maret 2021 didiagnosa gagal ginjal kronis, disampaikan oleh dokter ke saya dan ortu saya," cerita DN kepada detikcom Rabu (3/8/2022).

Kini, wanita berusia 26 tahun ini masih harus rutin meminum obat dokter. Ia juga kerap melakukan cuci darah di rumah sakit dan selalu melakukan medical check-up atau tes kesehatan di laboratorium.

Penyebab gagal ginjal kronis disebut dokter mengarah ke hipertensi atau tekanan darah tinggi.

"Memang waktu itu saya suka bergadang, terus abis itu timbul pusing. Jadi saya kira saya hanya butuh olahraga kaya refreshing gitu, eh ternyata ada gejala lain," kata dia menceritakan gejala-gejala yang timbul.

Ia juga berpesan untuk kaum muda di luar sana untuk jaga kesehatan terutama atur pola makan dan pola tidur dengan benar. Serta penuhi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

NEXT: Jarang minum bisa jadi penyebab?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT