ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 21:00 WIB

Kronologi Wanita 26 Tahun Idap Gagal Ginjal Kronis, Sempat Ngira Sakit Lambung

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Viral di TikTok wanita muda idap gagal ginjal kronis. Viral wanita berinisial DN mengidap gagal ginjal (Foto: Tangkapan layar: SS Viral atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral seorang wanita berinisial DN (26), membagikan kisah mengenai perjuangannya melawan gagal ginjal kronis. DN mengungkapkan gejala awal yang dirasakan berupa keleyengan.

"Awalnya gejalanya itu kira-kira akhir 2020. Pas lagi fokus skripsian tiba-tiba suka kliyengan. Terus diiringi juga sama mual dan kesemutan seluruh badan," ujar DN pada detikcom, Rabu (3/8/2022).

Namun, semakin lama gejalanya terus berkembang hingga membuat wajahnya agak membengkak. DN juga mengidap hipertensi yang bisa memperburuk gejalanya.

"Kemudian saat Februari 2021 mulai tuh mual, muntah, kesemutan tapi lebih intens. Saya kira itu dari lambung, waktu dicek ternyata lain," tambahnya.

"Maret 2021 diagnosa GGK atau gagal ginjal kronis disampaikan oleh dokter kepada saya dan orang tua saya," ungkapnya.

Setelah dokter mendiagnosa wanita dengan inisial DN mengidap gagal ginjal kronis, ia langsung melakukan hemodialisa atau cuci darah untuk segera mengeluarkan racun dalam tubuhnya.

"Setelah itu saya baru operasi pasang kateter untuk CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis) dan sampai sekarang saya pakai CAPD. Sekarang saya merasa lebih baik, terkadang saya bisa beraktifitas dan tidak terlihat seperti seorang pasien kritis, tetapi terkadang kondisi saya drop," jelas wanita tersebut.



Simak Video "Awal Mula Fransiska Mantap Donorkan Ginjal untuk Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT