ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 06:52 WIB

Viral Wanita Muda Bolak-Balik Cuci Darah, Gagal Ginjal karena Jarang Minum?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral di TikTok wanita muda idap gagal ginjal kronis. Viral wanita muda gagal ginjal kronis. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral wanita asal Bandung, DN (26), mengidap gagal ginjal kronis dan harus cuci darah rutin setiap hari. Ia tak mengalami gejala apapun sampai kondisinya sudah parah.

"Gejala awal yang aku rasain itu mual, muntah, kesemutan di seluruh badan, urin berbusa, dan daerah wajah agak bengkak," ucap DN pada detikcom, Selasa (02/8/2022).

Selain itu, DN juga mengidap hipertensi yang bisa memperburuk gejalanya. Cuci darah rutin perlu ia lakukan untuk mengganti fungsi ginjalnya yang sudah tidak bekerja dengan baik.

Kondisi gagal ginjal pada usia muda kerap dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum air putih. Bagaimana faktanya?

Dikutip dari Kidney, Tubuh terdiri dari 70 persen air. Agar ginjal bekerja dengan baik, tubuh membutuhkan air untuk mengencerkan darah.

Tanpa air yang cukup, ginjal harus bekerja lembur untuk menyaring darah. Dehidrasi parah akibat jarang minum air dapat menyebabkan beberapa kondisi mulai dari batu ginjal sampai gagal ginjal.

Dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jadi penting untuk minum cukup saat bekerja atau berolahraga,terutama dalam cuaca hangat dan lembab. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi yang sering, meskipun ringan, dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

Lihat juga video 'Kisah Fransiska Rela Donorkan Ginjal untuk Alasan Kemanusiaan':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT