ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 20:30 WIB

Viral Wanita Muda Bolak-balik Cuci Darah di Usia 20-an, Begini Kisahnya

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Viral di TikTok wanita muda idap gagal ginjal kronis. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 26 tahun asal Bandung, DN, viral di Tiktok seusai membagikan kisah dirinya mengidap gagal ginjal kronis. Awalnya, ia tidak merasakan gejala apa pun. Namun seiring waktu, gejalanya terus berkembang hingga kini dirinya harus rutin menjalani cuci darah.

"Kata dokter GGK (gagal ginjal kronis), ini memang hanya akan muncul saat sudah parah. Nah, penyakit pendampingnya itu hipertensi," ucap DN pada detikcom, Selasa (02/8/2022).

"Gejala awal yang aku rasain itu mual, muntah, kesemutan di seluruh badan, urin berbusa, dan daerah wajah agak bengkak," sambung DN.

Lantaran kondisinya kronis, DN kemudian meneruskan proses pengobatannya. Kini, ia juga rutin mengganti cairan tubuh setiap hari. DN mengisahkan, saat melakukan proses penggantian cairan tubuh, dirinya tidak boleh berada di bawah AC.

Ditambah, gagal ginjal kronis tersebut juga mengharuskan DN untuk melakukan hemodialisa atau cuci darah rutin untuk mengurangi racun yang ada di ginjal. Selain itu, ia juga diharuskan untuk melakukan extra HD.

"Waktu itu kreatinin dan ureum lumayan tinggi, udah gitu HB aku rendah terus jadi dilakuin extra HD. Sekalian untuk ngebantu ngeluarin racun plus transfusi," tulisnya dalam video unggahan pribadinya.

"Efeknya kalau tidak cuci perut, racun menumpuk dan bisa membahayakan tubuh," jelasnya lebih lanjut.
DN mengaku sempat kaget dan tidak menyangka ketika dirinya dinyatakan mengidap ginjal kronis.

Video TikTok DN ini telah dibagikan sebanyak 556 kali. Kepada orang-orang di luar sana, khususnya yang masih berusia muda, DN menganjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal dengan cara menjaga pola tidur, pola makan, minum air mineral yang cukup, dan rutin cek laboratorium jika perlu.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT